ANALISIS PENGARUH METODE POE BERDIFERENSIASI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA PERUBAHAN WUJUD BENDA

Yatmanto Yatmanto
Peduk Rintayati
Mintasih Indriayu
Kartika Chrysti Suryandari


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i2.7566

Abstract


Rendahnya keterampilan proses sains siswa sekolah dasar masih menjadi tantangan, terutama karena dominasi metode ceramah yang kurang interaktif, seperti tercermin dalam data PISA 2022 dan observasi di salah satu SD di Wonogiri yang menunjukkan hanya 35% siswa mampu menjelaskan perubahan wujud benda secara ilmiah. Metode Predict-Observe-Explain (POE) telah banyak digunakan untuk meningkatkan pemahaman konseptual, tetapi belum banyak dikaji efektivitasnya dalam pembelajaran berdiferensiasi yang menyesuaikan dengan kebutuhan dan gaya belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode POE berdiferensiasi terhadap keterampilan proses sains siswa dengan pendekatan kuantitatif berbasis koresional. Data dikumpulkan melalui kuesioner skala Likert dan dianalisis menggunakan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode POE berdiferensiasi tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keterampilan proses sains siswa secara statistik. Namun, penerapan diferensiasi dalam pembelajaran POE tetap penting karena memberikan fleksibilitas bagi siswa dengan berbagai gaya belajar dan tingkat pemahaman. Temuan ini mengindikasikan bahwa efektivitas POE dapat meningkat jika didukung oleh strategi diferensiasi yang lebih terarah dan optimalisasi tahap eksplorasi dalam pembelajaran sains, terutama dengan mempertimbangkan tahap perkembangan kognitif siswa sesuai teori Piaget. 


Keywords


POE berdiferensiasi; keterampilan proses sains; pembelajaran IPA

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Chen, C.-H., Huang, K., & Liu, J.-H. (2020). Inquiry-Enhanced Digital Game-Based Learning: Effects on Secondary Students’ Conceptual Understanding in Science, Game Performance, and Behavioral Patterns. The Asia-Pacific Education Researcher, 29(4), 319–330. https://doi.org/10.1007/s40299-019-00486-w

Chen, J.-C. (2020). Developing a cycle-mode POED model and using scientific inquiry for a practice activity to improve students’ learning motivation, learning performance, and hands-on ability. Interactive Learning Environments, 30, 1252–1264. https://doi.org/10.1080/10494820.2020.1716023

Demetriou, A. (2020). Abstracting abstraction in development and kognitif ability. Behavioral and Brain Sciences, 43. https://doi.org/10.1017/s0140525x19002930

Flavell, J. H. (1996). Piaget’s Theory: Prospects and Possibilities. Penerbit Erlangga.

Gavidia, L. M. R., & Galván, J. J. M. (2023). Predictions and explanations about scientific situations in a high school context. International Journal of Science Education, 45, 144–163. https://doi.org/10.1080/09500693.2022.2153095

Gero, A., Shekh-Abed, A., & Hazzan, O. (2020). Interrelations between systems thinking and abstract thinking: The case of high-school electronics students. European Journal of Engineering Education, 46, 735–749. https://doi.org/10.1080/03043797.2020.1854186

Gunstone, R. F. (1990). Children’s Science: A Decade of Development (p. 160). Routledge.

Hasanah, E., Maryani, I., & Gestiardi, R. (2023). Model Pembelajaran Diferensiasi Berbasis Digital di Sekolah. K-Media.

Hasanah, U., Suparmi, A., & Ashadi. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 19(1), 15–25.

Inhelder, B., & Piaget, J. (1958). The Growth of Logical Thinking from Childhood to Adolescence. Basic Books.

Lisawati, E., & Kurniawan, D. A. (2023). Penerapan Model POE (Predict-Observe-Explain) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Pendidikan Sains, 11(2), 123–130.

Namukwaya, V. A., & Kibirige, I. (2014). Factors affecting primary school enrolment and retention of pupils in Kotido district, Uganda. Mediterranean Journal of Social Sciences, 5(8), 423–430. Scopus. https://doi.org/10.5901/mjss.2014.v5n8p423

OECD. (2024). PISA 2022 Results: What Students Know and Can Do. OECD Publishing.

Özkan, S. C. dan M. (2022). Pengaruh Pembelajaran Sains Berbasis Strategi POE terhadap Prestasi Akademik dan Sikap Siswa Kelas Lima dalam Proses Pendidikan Jarak Jauh. Mimbar Sekolah Dasar. https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v9i3.45472

Padilla, M. J. & et al. (1982). The Relationship Between Science Process Skill and Formal Thinking Abilities. Journal of Research in Science Teaching, 19(7), 601–616.

Palmer, D. (1995). The POE in the primary school: An evaluation. Research in Science Education, 25(3), 323–332. https://doi.org/10.1007/BF02357405

Piaget, J. (1952). The Origins of Intelligence in Children. W. W. Norton & Company.

Piaget, J. (1958). The Growth of Logical Thinking from Childhood to Adolescence. Basic Books.

Rahma, T. Y. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran POE terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal.

Rifzal, I. L. (2015). Pengaruh Penggunaan Lks Berbasis Poe Dalam Pembelajaran Ipa Terhadap Kompetensi Siswa Kelas Vii Smpn 5 Padang. PILLAR PENDIDIKAN FISIKA, 6.

Rozana, F. A., & Inayah, N. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran POE Berbantuan Modul Interaktif Augmented Reality terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Materi Bumi dan Tata Surya. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 12(1), 45–53.

Rustan, N. A., Winarni, R., & Yamtinah, S. (2020). Analysis of Science Process Skill on Science Learning in Primary School. 801–808. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200129.100

Sari, D. P., & Susanti, E. (2024). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri. Jurnal Ilmu Pendidikan, 26(1), 12–20.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Alfabeta.

Tytler, R. (1993). Constructivist Teaching and Students’ Responses to Science: A Case Study. Research in Science Education, 23(1), 89–100.

Utama, B. & et al. (2019). The Role of Metacognitive Skills in Science Learning with Predict-Observe-Explain (POE) Strategy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(3), 315–323.

Utami, D. D., Setyosari, P., Fajarianto, O., Kamdi, W., & Ulfa, S. (2023). Korelasi Antara Keterampilan Metakognitif dan Pemecahan Masalah pada Mahasiswa IPA. EduLine: Jurnal Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran. https://doi.org/10.35877/454ri.eduline1702