ANALISIS MISKONSEPSI MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATERI PECAHAN DITINJAU DARI SELF-EFFICACY

Rachma Deva Fara
Feny Rita Fiantika
Prayogo Prayogo


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i2.7561

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa sekolah dasar pada materi pecahan ditinjau dari self-efficacy. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif eksploratif,  dengan subjek penelitian tiga siswa kelas V-B SDN Karangpilang 1 Surabaya yang mewakili self-efficacy tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen penelitian mencakup lembar observasi, lembar tes tulis matematika, lembar angket self-efficacy, lembar wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian  data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan self-efficacy mengalami miskonsepsi klasifikasional. Subjek dengan self-efficacy sedang mengalami miskonsepsi korelasional dan teoritikal. Sedangkan, subjek dengan self-efficacy rendah mengalami berbagai bentuk miskonsepsi, yaitu miskonsepsi teoritikal, korelasional, klasifikasional.


Keywords


Miskonsepsi; Pecahan; Self-Efficacy

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Afifah, S. N., & Kusuma, A. B. (2021). Pentingnya Kemampuan Self-Efficacy Matematis Serta Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Daring

Matematika. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 313–320. https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i2.2642

Anggraeni, S. T., Muryaningsih, S., & Ernawati, A. (2020). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1). https://doi.org/10.30595/.v1i1.7929

Fiantika, F. R., Juniarso, T., Kusmaharti, D., Rachmadtullah, R., & Irianto, A. (2023). Workshop Penyusunan Butir Soal Hots (High Order Thinking Skill) Dan Evaluasinya Di Upt Sdn 145 Gresik. Jurnal Pemberdayaan Sosial dan Teknologi Masyarakat, 3(2), 1134. https://doi.org/https://doi.org/10.54314/jpstm.v3i2.1627

Fiantika, F. R., Kusmaharti, D., & Rusminati, S. H. (2022). Deskripsi Penalaran Spasial Mahasiswa Calon Guru Bergaya Belajar Visual. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 4(1), 29–30. https://doi.org/10.30598/jumadikavol4iss1year2022page29-36

Fiantika, F. R., & Rohmah, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMPN 1 Papar Kelas VIII Pokok Bahasan Relasi Fungsi (Issue May).

Fiantika, F. R., Wasil, M., Wahyuni, S., Mouw, E., Jonata, Mashudi, I., Hasanah, N., Maharani, A., Kusmayra, A., Noflidaputri, R., Nuryami, & Waris, L. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Y. Novita & M. Hum (Eds.), PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI (1st ed., Issue Maret). PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI. https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en

Fridatama, T. dan A. N. W. (2021). Analisis Miskonsepsi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Pokok Bahasan Persamaan Garis Singgung Lingkaran di SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika (JPMM), 5(5), 201–210. https://doi.org/10.20961/jpmm%20solusi.v5i5.59030

Imaroh, A., Umah, U., & Asriningsih, T. M. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Self-Efficacy Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 852–854. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.843-856

Jusniar, & Syamsidah. (2021). Hubungan Konsep Diri Dengan Miskonsepsi Siswa Pada Konsep Kesetimbagan Kimia. Jurnal Ipa Terpadu, 5(1),97. https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v5i1.25499

Kemendikbudristek. (2023). Pisa 2022 dan Pemulihan Pembelajaran di Indonesia .

Mahsunah, A., Musbikhin, & Muhimmatul, H. (2023). Pengaruh Self Efficacy terhadap Kepercayaan Diri pada Siswa. Al-Ihath: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 3(1), 38. https://doi.org/10.53915/jbki.v3i1.318

Marasabessy, R. (2020). Kajian Kemampuan Self Efficacy Matematis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Kajian Kemampuan Self Efficacy Matematis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika, 3(2), 168–183. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.17

Nurkamilah, P., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Bilangan Berpangkat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 49–60. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.818

Oman, O. P., & Roesdiana, L. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Pada Materi Aljabar Ditinjau Dari Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif , 6(2), 831. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i2.16905

Prajono, R., Gunarti, Y., & Anggo, M. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik SMP Ditinjau dari Self Efficacy. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 153. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Pratiwi, A. F., & Imami, A. I. (2022). Analisis self-efficacy dalam pembelajaran matematika pada siswa smp. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13(3). http://doi.org/ 10.26877/aks.v13i3.13973

Prayogo, Suwarsono, S., & Khabibah, S. (2022). An illustration of mathematical skills: The procept (process-concept) junior high school students in solving mathematical problems. Journal of Physics: Conference Series, 2157(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/2157/1/012039

Sadiah, D. S., & Afriansyah, E. A. (2023). Miskonsepsi siswa ditinjau dari tingkat penyelesaian masalah pada materi operasi pecahan Pendahuluan. 02(01), 31–44. https://doi.org/10.31980/pme.v2i1.1397

Sofiyana, M. S., Sukhoiri, Aswan, N., Munthe, B., W, L. A., Jannah, R., Juhara, S., SK, T., Laga, E. A., Sinaga, J. A. B., Suparman, A. R., Suaidah, I., Fitrisari, N., & Herman. (2022). METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN (Ariyanto (ed.)). PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI. www.globaleksekutifteknologi.co.id

Urrohmah, A. (2019). Pengaruh Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Berdasarkan Self-Efficacy Matematis Siswa SMP. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Wardani, J. E. S., Fiantika, F. R., & Rusminati, S. H. (2024). Analisis Kemampuan Spasial Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Datar Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(9), 345–346. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.11178706

Yohanes, R. S. (2022). Miskonsepsi Guru SD Dalam Memahami Konsep Dasar Geometri Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Abdimas, 1, 2022.