ANALISIS PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS BERDASARKAN AQ SISWA KELAS 8 MENURUT TAHAPAN POLYA

Yudha Eka Prasetyo
Rustanto Rahardi
Desi Rahmadani


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i2.7560

Abstract


Kemampuan pemecahan masalah matematis menjadi hal yang sangat penting dalam kegiatan pembelajaran di sekolah serta dalam kehidupan nyata. Hingga saat ini, kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah matematis berbeda-beda terutama dalam memecahkan permasalahan nonrutin, misalnya soal higher order thingking skills (HOTS). Perbedaan tersebut dapat dipengaruhi beberapa faktor,  salah satu faktor tersebut ialah adversity quotient. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis menurut tahapan Polya untuk memecahkan soal HOTS berdasarkan adversity quotient peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dengan melibatkan 22 peserta didik di salah satu sekolah menengah pertama (SMP) yang ada di Kabupaten Malang sebagai subjek penelitian. Pada penelitian ini, peneliti bertindak sebagai instrumen utama dengan dibantu angket Adversity Response Profile (ARP), lembar soal pemecahan masalah, dan pedoman wawancara semi terstruktur. Penelitian ini dimulai dengan pemeberian angket. Dilanjutkan dengan mengerjakan soal tes dan memilih tiga peserta didik untuk melaksanakan wawancara. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa, peserta didik climber cenderung lebih mampu memecahkan masalah menurut tahapan Polya dengan taktis dan efektif, serta memiliki kemampuan verbal yang lebih baik. Peserta didik juga telah mampu untuk memahami masalah yang termuat dalam soal HOTS. Namun, seluruh peserta didik cenderung melewati tahapan memeriksa kembali proses dan jawabannya.

Keywords


Adversity Quotient; Higher Order Thinking Skills; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis; Tahapan Polya

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Andi Nurlaelah, Ilyas, M., & Nurdin. (2021). Pengaruh Adversity Quotient Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 89–97. https://doi.org/10.30605/proximal.v4i2.1367

Apipah, I., & Novaliyosi. (2023). Systematic Literature Review: Pengaruh Problem-Based Learning (PBL) terhadap High-Order Thingking Skill (HOTS) Matematis Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 07(02), 1812–1826. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2390

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (p. 344). Jakarta: Bumi Aksara.

Arista, G. A., Wibawa, K. A., & Payadnya, I. P. A. A. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemecahan Masalah Perbandingan dan Skala Berdasarkan Empat Langkah Polya di Kelas VII SMP TP 45 Denpasar. PRISMA (Prosiding Seminar Nasional Matematika), 5, 214–221.

Astutiani, R., Isnarto, & Hidayah, I. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Polya. Prosding Seminar Nasional Pascasarjaa, 2(1), 297–303.

Fauziah, N., Roza, Y., & Maimunah, M. (2022). Kemampuan Matematis Pemecahan Masalah Siswa dalam Penyelesaian Soal Tipe Numerasi AKM. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3241–3250. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1471

Fikriani, T., & Nurva, M. S. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa smp kelas IX dalam menyelesaikan soal matematika tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS). AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 252–266. https://doi.org/10.26877/aks.v11i2.6132

Gayatri, N. G. (2022). Pentingnya Filsafat Dalam Matematika Bagi Mahasiswa Pendidikan Matematika. Journal of Arts and Education, 2(1), 20–25. https://doi.org/10.33365/jae.v2i1.64

Hasyim, M., & Andreina, F. K. (2019). Analisis High Order Thinking Skill (Hots) Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 55. https://doi.org/10.24853/fbc.5.1.55-64

Hidayati, L., Fatmahanik, U., & Yanti, Y. W. (2024). The Effect of Adversity Quotient on Student ’ s Mathematical Problem- Solving Ability. Proceeding of Annual Internasional Conference on Islamic Education and Language (AICIEL), 1, 207–218.

Inastuti, I. G. A. S., Subarinah, S., Kurniawan, E., & Amrullah, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pola Bilangan Ditinjau Dari Gaya Belajar. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(1), 66–80. https://doi.org/10.29303/griya.v1i1.4

Kartika, R. W., Megawanti, P., & Hakim, A. R. (2021). Pengaruh adversity quotient dan task commitment terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(2), 206–216. https://doi.org/10.21831/jrpm.v8i2.36831

Ninik, Hobri, & Suharto. (2014). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah untuk SetiapTahap Model Polya dari Siswa SMK Ibu Pakusari Jurusan Multimedia pada Pokok Bahasan Program Linear. KadikmA, 5(3), 61–68. https://doi.org/10.21608/aafu.2018.48098

Novianti, D. E. (2021). Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Kaitannya dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding Nasional Pendidikan: LPMM IKIP PGRI Bojonegoro 2.1, 2(1), 85–91.

Nurhayati, N., Subanji, S., & Rahardjo, S. (2022). Proses Pemecahan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Tahapan Mason Ditinjau dari Tipe Adversity Quotient. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 615–634. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1239

Parulian, R. A., Munandar, D. R., & Ruli, R. M. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dalam Menyelesaikan Materi Bilangan Bulat Pada Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 345–354. http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika

Polya, G. (2004). How to Solve it: A New Aspect of Mathematical Method.United States of America: Princeton University Press.

Rachmawati, A., & Adirakasiwi, A. G. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA Andhita. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(4), 835–842. https://doi.org/10.26877/jipmat.v6i1.8080

Rahmatiya, R., & Miatun, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Resiliensi Matematis Siswa Smp. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 187. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3619

Rambe, A. Y. F., & Afri, L. D. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan Dan Deret. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 175. https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.8069

Rinawati, R., & Ratu, N. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1223–1237. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.607

Sanidah, S., & Sumartini, T. S. (2022). Kesulitan siswa kelas viii dalam menyelesaikan soal cerita spldv dengan menggunakan langkah polya di desa cihikeu. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 15–26. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v1i1.1912

Septhiani, S. (2022). Analisis Hubungan Self-Efficacy Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3078–3086. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1423

Setiawan, H., Handayani, T., & Muslimahayati, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di MTs Ahliyah 1 Palembang. Suska Journal of Mathematics Education, 7(1), 31. https://doi.org/10.24014/sjme.v7i1.9231

Sriwahyuni, K., & Maryati, I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 335–344. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1109

Stoltz, P. G. (2000). ADVERSITY QUOTIENT : Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Jakarta: PT Grasindo.

Sukmawati, Hidayat, & Liliani, O. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dan Kons, 4(4), 886–894. https://doi.org/10.23969/symmetry.v4i2.2061

Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119–130. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.605

Suryaningrum, C. W., Purwanto, Subanji, Susanto, H., Ningtyas, Y. D. W. K., & Irfan, M. (2020). Semiotic reasoning emerges in constructing properties of a rectangle: A study of adversity quotient. Journal on Mathematics Education, 11(1), 95–110. https://doi.org/10.22342/jme.11.1.9766.95-110