MEMORISED REASONING: ANALISIS PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL AKM NUMERASI
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Amalia, A., Fathurrohman, M., & Fatah, A. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis pada Materi Turunan Fungsi Aljabar Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa. Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 1(3), 278–288. Retrieved from http://www.jurnal.untirta.ac.id/ index.php/wilangan
Annisa, R. W. S., Pramudya, I., & Kuswardi, Y. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Aplikasi Turunan Ditinjau dari Penguasaan Materi Prasyarat (Turunan Fungsi) Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Karanganom Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika (JPPM), 3(6), 590–599. Retrieved from https://doi.org/10.20961/jpmm%20solusi.v3i6.38132
Anwar, L., Sa’dijah, C., & Murfafi’ah, W. (2022). Asesmen Berbasis HOTS dan Numerasi (1st ed., pp. 51–59). Magetan: AE Media Grafika.
Bernard, M. (2015). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Penalaran serta Disposisi Matematik Siswa SMK dengan Pendekatan Kontekstual Melalui Game Adobe Flash CS 4.0. Infinity: Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 4. Retrieved from https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.66
Brodie, K., Coetzee, K., Lauf, L., Modau, S., Molefe, N., & O’Brien, R. (2010). Teaching mathematical reasoning in secondary school classrooms. In Teaching Mathematical Reasoning in Secondary School Classrooms. Springer US. Retrieved from https://doi.org/10.1007/978-0-387-09742-8
Cahyani, N. D., & Sritresna, T. (2023). Kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu (PME), 02(01), 103–112. Retrieved from https://doi.org/10.31980/pme.v2i1.1404
Eliza, R., Sepriyanti, N., & Husniyah, U. (2023). Penerapan Pendekatan Berpikir Metaforis Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Mathema Journal, 5(2). Retrieved from https://doi.org/10.33365/jm.v5i2.2678
Elvandari, N. N., & Hanifah, U. (2022). Analisis Pemahaman Matematis Siswa Berdasarkan Teori Skemp Ditinjau Dari Gaya Kognitif Dan Gender. Masamus Jurnal of Mathematics Education, 5(1), 11–17. Retrieved from http://ejournal.unmus.ac.id/index.php/mathematics
Fadhila, Y., & Sukmawati. (2023). Analisis Penalaran Pada Soal Bilangan Dalam Buku Matematika Sekolah Dasar. Journal of Educational Research and Humaniora (JERH), 1, 44–56. Retrieved from https://pusdikra-publishing.com/index.php/jisc
Hajar, S., Sofiyan, & Amalia, R. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended Ditinjau dari Kecerdasan Emosional. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 2(2), 32–36. Retrieved from https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i2.1413
Herdiansyah, A., Rahardi, R., & Irawati, S. (2023). Pengembangan LKS Beracuan Problem Based Learning untuk Mendeskripsikan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMK. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 29–43. Retrieved from https://doi.org/ 10.31004/cendekia.v8i1.1893
Hikmawati, N. N., Nurcahyono, N. A., Pujia, D., & Balkist, S. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Kubus dan Balok. PRISMA, 8(1), 68–79. Retrieved from https://jurnal.unsur.ac.id/prisma
Izzuddin, Moch. (2018). Profil Penalaran Plausible Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Divergen Dibedakan Berdasarkan Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. (Unpublished bachelor’s thesis) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya, Indonesia.
Jelita, L., & Zulkarnaen, R. (2019). Studi Kasus Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal TIMSS. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, Universitas Singaperbangsa, Karawang, (pp. 803–808).
Karimah, L. N., Halisa, D. N., Salwa, L. N., & Ermawati, D. (2024). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Numerasi Siswa Kelas V SD. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(3), 202–211. Retrieved from https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i3.3964
Khadijah, S., Ismail, S., & Resmawan, R. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Penalaran pada Materi Sudut Pusat dan Sudut Keliling Lingkaran. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(1), 1–12. Retrieved from https://doi.org/10.24256/ jpmipa.v8i1.838
Kollosche, D. (2021). Styles of reasoning for mathematics education. Educational Studies in Mathematics, 107(3), 471–486. Retrieved from https://doi.org/10.1007/s10649-021-10046-z
Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Lestari, I., & Andinny, Y. (2020). Kemampuan Penalaran Matematika melalui Model Pembelajaran Metaphorical Thinking Ditinjau dari Disposisi Matematis. Jurnal Elemen, 6(1), 1–12. Retrieved from https://doi.org/10.29408/jel.v6i1.1179
Lestari, M., Subanji, & Irawati, S. (2022). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA pada Materi Matriks. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 550. Retrieved from https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4577
Lithner, J. (2003). Students’ Mathematical Reasoning in University Textbook Exercises. Educational Studies in Mathematics, 29–55. Retrieved from https://doi.org/10.1023/A:1023683716659
Lithner, J. (2006). A framework for Analysing Creative and Imitative Mathematical Reasoning. Education Studies in Mathematics, 67, 255–276. Retrieved from https://doi.org/10.1007/s10649-007-9104-2
Lithner, J. (2008). A research framework for creative and imitative reasoning. Educational Studies in Mathematics, 67(3), 255–276 Retrieved from. https://doi.org/10.1007/s10649-007-9104-2
Marian, F. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Siswa pada Materi Himpunan. Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education, 4(1), 2–13.
Maulyda, M. A. (2020). Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM. Malang: CV Irdh.
Mukuka, A., Balimuttajjo, S., & Mutarutinya, V. (2023). Teacher efforts towards the development of students’ mathematical reasoning skills. Heliyon, 9(4). Retrieved from https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e14789
Nababan, S. A. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Problem Based Learning. Genta Mulia, 1, 6–12. Retrieved from https://doi.org/10.61290/gm.v11i1.212
Najahah, L., Ahied, M., Rosidi, I., & Munawaroh, F. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesalahan yang Dilakukan Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS: Analisis Newman. Jurnal Natural Science Educational Research, 4(3), 2654–4210. Retrieved from https://doi.org/10.21107/nser.v4i3.8387
Nugroho, P. B., Nusantara, T., As’ari, A. R., & Handayani, R. (2020). Critical Thinking Disposition: The Persistence of Skeptical Students in Completing Mathematical Problems. SEMANTIK Conference of Mathematics Education (SEMANTIK 2019), 10–17. Retrieved from https://doi.org/10.2991/assehr.k.200827.109
Nurussalamah, A., & Marlina, R. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Ditinjau dari Self-Efficacy pada Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(5). Retrieved from https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i5.1255-1268
OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I) (PISA). OECD. Retrieved from https://doi.org/10.1787/53f23881-en
Özaydin, Z., & Arslan, Ç. (2022). Assessment of Mathematical Reasoning Competence in Accordance with PISA 2021 Mathematics Framework. Kuramsal Eğitimbilim, 15(3), 453–474. Retrieved from https://doi.org/10.30831/akukeg.1027601
Pertiwi, S., & Muttaqien, A. (2022). Reasoning and Mathematical Understanding Ability of Junior High School Stucents on the Pythagorean Theorem Material. Paper presented at The 3rd UMY Grace 2022, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Yogyakarta, (pp. 309–313).
Pusat Asesmen dan Pembelajaran. (2021). Framework Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Kemendikbudristek.
Pusat Asesmen Pendidikan. (2023). Framework Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) (Revisi Tahun 2023). Kemendikbudristek.
Rahma, A. F., & Khabibah, S. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Eksponen. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(2). Retrieved from https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n2.p446-457
Rohmah, W. N., Septian, A., & Inayah, S. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis pada Materi Bangun Ruang Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa SMP. PRISMA, 9(2). Retrieved from https://jurnal.unsur.ac.id/prisma
Rokhayah, S., Khamdun, & Ulya, H. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 8(1). Retrieved from https://doi.org/10.22460/p2m.v8i1p63-73.2456
Sanit, I. N., Subanji, & Sulandra, I. M. (2019). Profil Penalaran Aljabaris Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Adversity Quotient. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(9), 1213–1221. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Sapa’at, A. (2020). Pengembangan Keterampilan Berpikir Matematis Melalui Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 10(1).
Sari, F. E. R. (2023). Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Numerasi. (Unpublished master’s thesis) Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia.
Sukirwan, Darhim, D., & Herman, T. (2018). Analysis of students’ mathematical reasoning. Journal of Physics: Conference Series, 948(1). Retrieved from https://doi.org/10.1088/1742-6596/948/1/012036
Sulistiawati, I., Arsyad, N., & Minggi, I. (2018). Deskripsi Penalaran Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Pokok Bahasan Barisan dan Deret Ditinjau dari Kemampuan Awal. IMED: Issues in Mathematics Education, 3(2), 111–118. Retrieved from https://doi.org/10.35580/imed11047
Ulpa, F., Maharani, S. A., Marifah, S., & Ratnaningsih, N. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kontekstual pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Teori Nolting. Square: Journal of Mathematics and Mathematics Education, 3(2), 67–80. Retrieved from https://doi.org/10.21580/square.2021.3.2.8651
Vebrian, R., Putra, Y. Y., Saraswati, S., & Wijaya, T. T. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Kontekstual. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2602. Retrieved from https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4369
Wardhani, S. (2008). Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika (T. Sutanti, Ed.). Yogyakarta: PPPPTK Matematika.
Wicaksana, Y. (2017). Penalaran Matematis dan Kerja Keras Siswa Pembelajaran Matematika Berorientasi Teori APOS Berbantuan Permainan Monopoli. PRISMA. Paper presented at Seminar Nasional Matematika X, Universitas Negeri Semarang, Semarang, (pp. 305-311)
Wildaniati, Y. (2019). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Dewantara, 8(2), 265–276. Retrieved from https://ejournal.iqrometro.co.id/index.php/pendidikan/article/ view/119
Yanti, A. W., & Laily, A. R. (2024). Analisis Kemampuan Penalaran Adaptif Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal HOTS Berdasarkan Gaya Kognitif dan Kecerdasan Emosional. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 244–263. Retrieved from https://doi.org/ 10.31004/cendekia.v8i1.2842