PENERAPAN MODEL GBL BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SEKOLAH DASAR MATERI PECAHAN

Rafiatul Munira
Rika Wahyuni
Rien Anitra


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i2.7519

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : 1)  Mengetahui terdapat perbedaan secara signifikan  kemampuan pemahaman konsep siswa sekolah dasar pada materi pecahan kelas V SDN 12 Singkawang; 2) Mengetahui aktivitas siswa ketika diterapkannya model Game Based Learning berbantuan wordwall ; 3) Mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran ketika diterapkannya model Game Based Learning berbantuan wordwall. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian quasieksperimen  desain Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 12 Singkawang. Sampel penelitian diambil dengan teknik Nonprobability Sampling dengan metode Sampling purposive. Uji yang digunakan adalah uji t independen dua sampel dan persentase rata-rata . Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1)  Terdapat perbedaan secara signifikan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa materi pecahan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen; 2) Aktivitas belajar siswa tergolong sangat tinggi ketika diterapkan model GBL berbantuan wordwall pada materi  pecahan pada kelas eksperimen; 3) Respon siswa tergolong sangat baik ketika diterapkan model pembelajaran GBL berbantuan wordwall pada materi pecahan.

Keywords


Aktivitas belajar; GBL; materi pecahan; respon; wordwall

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Aini, L. N., & Purwaningsih, S. M. (2024). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING BERBASIS MEDIA BOARD GAME ULAR TANGGA TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 6 SURABAYA.

Avatara: Jurnal Pendidikan Sejarah, 15(3).

Anitra, R. (2021). Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 6(1), 8.

Aprilia, Suci. Zubaidah R. dan Dona Fitriawan. (2022). Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Pada Masa Pnademi Covid-19. Jurnal AlphaEuclidEdu. 3(1).

Apriyani, Eggie. (2021). Pengaruh Permainan Tradisional Engklek Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas II MIS pada Materi Bangun Datar. STKIP Singkawang.

Efendi, M., & Amri, M. (2023). Pengaruh Media Quiz Wordwall Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Mandarin Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Khadijah Surabaya 2022/2023. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 1(1), 55-61.

Hasanah, Hatul, Farid. (2023). PENERAPAN MODEL GAME BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPS DI KELAS VIIIB MTS LOMBOK KULON BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2022/2023. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

Medila, G., Wati, D. D. E., & Gazali, F. (2024). Case Based Learning (CBL) dalam Pembelajaran IPA: Suatu Kajian Literatur 2014-2023. Eduscience Development Journal, 6(2), 1-13.

Nuria, S., Firman, & Desyandri. (2024). Analisis Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Internet. 09.

Putra, L. D., Arliansyah, N. D., Ridho, F. R., Syafiqa, A. N., & Annisa, K. (2024). JDPP. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(1), 81–95.

Saidah, N. Y., Amin, S. M., & Mustaji. (2018). PECAHAN DESIMAL UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR DENGAN PENDEKATAN Nur Yum Saidah , 2 Siti Maghfirotun Amin , 3 Mustaji Dosen Pascasarjana , Prodi Pendidikan Dasar , Universitas Negeri Surabaya. Pendidikan Dasar, 4(1).

Salsabila, A. D. N., & Agoestanto, A. (2024). STUDI LITERATUR: MODEL GAME BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI KONSEP DIRI SISWA. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Vol. 8, No. 1, pp. 77-85).

Wahyuni, R., & Prihatiningtyas, N. C. (2020). Kemampuan pemahaman konsep matematika terhadap kemampuan koneksi matematika siswa pada materi perbandingan. Variabel, 3(2), 66-73.