ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS 7 DALAM MENYELESAIKAN SOAL BILANGAN RASIONAL BENTUK PECAHAN DITINJAU DARI GENDER
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Abrar, A. I. P., Annas, A., Siddik, A. S. M., Aulliani, I., & Jamaluddin, A. I. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Pada Materi Geometri Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 481–490.
Angelo A. Legarde, M. (2022). Working With Mathematical Problems: an Analysis of Students Misconceptions and Its Impact on Mathematics Learning. International Journal of Advanced Research, 10(03), 25–33. https://doi.org/10.21474/ijar01/14358
Arikunto, S. (2018). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (3rd ed.).
Aryanti, D. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Materi Pecahan Melalui Media Visual Di Kelas IV Sekolah Dasar. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(1), 27–34. https://doi.org/10.24176/jino.v6i1.7740
Awalyah, S., Nuraida, I., & Sunaryo, Y. (2022). Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Dilihat dari Perspektif Gender. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 3(1), 71–80.
Hayati, M., & Jannah, M. (2024). Pentingnya kemampuan literasi matematika dalam pembelajaran matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 4(1), 40–54. https://doi.org/10.29303/griya.v4i1.416
Julisra, W., & Sepriyanti, N. (2019). Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik dalam Perspektif Gender di Kelas X MIA 7 SMAN 10 Padang. Math Educa Journal, 3(2), 195–206. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/matheduca/article/view/673
Kania, N. (2018). Alat Peraga untuk Memahami Konsep Pecahan. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 2(2), 1–12. https://www.neliti.com/publications/301771/
Kurniawati, N. D. L., & Mahmudi, A. (2019). Analysis of mathematical literacy skills and mathematics self-efficacy of junior high school students. Journal of Physics: Conference Series, 1320(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1320/1/012053
Laksari, Z. O. D., Sridana, N., Tyaningsih, R. Y., & Hikmah, N. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Dalam Perspektif Gender Siswa SMP. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(02), 2272–2281. http://search.jamas.or.jp/link/ui/2014143423
Lastuti, F. A. O., Maharani, R. M., & Pratini, H. S. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Kelas VIII Menurut Gender. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 424–427.
Lindqvist, A., Sendén, M. G., & Renström, E. A. (2021). What is gender, anyway: a review of the options for operationalising gender. Psychology & Sexuality, 12(4), 332–344. https://doi.org/10.1080/19419899.2020.1729844
Nasution, S. W. (2017). Konsep Bilangan Rasional Dalam Al-Qur’an Dan Hubungannya Dengan Nilai-Nilai Religius. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 5(02), 93–110. https://doi.org/10.24952/logaritma.v5i02.1543
Nurhasanah, & Zuriatin. (2023). Gender dan Kajian Teori Tentang Wanita. Edusociata Jurnal Pendidikan Sosiologi, 6(1), 282–291.
OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/b25efab8-en
OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education. In OECD Publishing. OECD Publishing, Paris. https://doi.org/10.1787/53f23881-en
Oktaufika, Y., Ulia, N., & Jupriyanto. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas V pada Materi Pecahan. JURNAL ILMIAH SULTAN AGUNG, 1090–1102. https://doi.org/10.17977/um065v2i112022p1093-1109
Pawade, I. (2023). The Application of MATLAB in Mathematics: An Overview. International Journal For Multidisciplinary Research, 5(5). https://doi.org/10.36948/ijfmr.2023.v05i05.6938
Pratama, R. Y., Arjudin, Hikmah, N., & Subarinah, S. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika dalam menyelesaikan Soal Cerita SPLTV Berdasarkan Perbedaan Jenis Kelamin. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1472–1481. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.792
Rahayu, S. W., Rani, & Allo, D. K. (2023). Identifikasi Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 10 Tarakan Pada Materi Bilangan Rasional. Jurnal Penalaran Dan Riset Matematika, 2(2), 90–95.
Sari, R. M., & Khotimah, R. P. (2023). Analysis of Mathematic Literacy Ability in Solving Problems in Arithmetic Sequences and Series based on Gender View. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 11(2), 296. https://doi.org/10.33394/j-ps.v11i2.7336
Suprapto, E., Suryani, N., Siswandari, & Mardiyana. (2023). Students’ mathematical literacy skill in term of gender differences: A comparative study. International Journal of Evaluation and Research in Education, 12(4), 2280–2285. https://doi.org/10.11591/ijere.v12i4.27224
Sutama, Hidayati, Y. M., & Novitasari, M. (2022). Metode Penelitian Pendidikan: Vol. x (Issue x).
Unaenah, E., Nurfaizah, A., Safitri, D., Rahmawati, N., Siti, R., Fatimah, N., Adinda, A. P., & Tangerang, U. M. (2020). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Pecahan Sederhana Melalui Media Cd. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 2(2009), 303–318. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa
Vamvakoussi, X., Christou, K. P., & Vosniadou, S. (2018). Bridging psychological and educational research on rational number knowledge. Journal of Numerical Cognition, 4(1), 84–106. https://doi.org/10.5964/jnc.v4i1.82