ANALISIS MODEL PROBING-PROMPTING PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP MATHEMATICAL HIGHER ORDER THINKING SKILL DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Anisa Rima Auliya - [ https://orcid.org/0009-0001-6235-8134 ]
Iwan Junaedi
Bambang Eko Susilo


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i1.7094

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas implementasi model probing-prompting dengan pendekatan open-ended dan mendeskripsikan mathematical higher order thinking skill peserta didik berdasar gaya belajar setelah implementasi model probing-prompting dengan pendekatan open-ended. Metode yang digunakan adalah mix methods menggunakan sequential explanatory. Penelitian kuantitatif dengan populasi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Bobotsari dan sampel kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan VIII D sebagai kelas kontrol. Penelitian kualitatif dengan mendeskripsikan mathematical higher order thinking skill berdasarkan tipe gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pembelajaran model probing-prompting dengan pendekatan open-ended berkualitas dari segi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil, dan 2) deskripsi mathematical higher order thinking skill dihasilkan sebagai berikut (a) peserta didik gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik pada kategori tinggi mampu menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta, (b) peserta didik gaya belajar visual dan auditori pada kategori sedang belum mampu mengevaluasi, (c) peserta didik gaya belajar kinestetik kategori rendah belum mampu mengevaluasi dan mencipta.

Keywords


mathematical higher-order thinking skill; model probing-prompting; open-ended

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Andriani, Y. N., & Madio, S. S. (2013). Perbandingan Kemampuan Berpikir Reflektif Antara Siswa Yang Mendapatkan Pendekatan Open Ended Dengan Konvensional. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 135–144.

Azis, F. R. N., Pamujo, & Yuwono, P. H. (2020). Analisis Gaya Belajar Visual, Auditorial, Kinestetik Siswa Berprestasi di SD Negeri Ajibarang Wetan. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 6(1), 26–31. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v6i1.2658

Darmayanti, R., Sugianto, R., Baiduri, B., Choirudin, C., & Wawan, W. (2022). Digital comic learning media based on character values on students’ critical thinking in solving mathematical problems in terms of learning styles. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 49–66. https://doi.org/10.24042/ajpm.v13i1.11680

Febrianti, N., Susanta, A., & Maulidiya, D. (2019). Deskripsi Model Pembelajaran Probing Prompting Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Peserta Didik Kelas Viii Smpn 04 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(1), 129–139. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.1.129-139

Hartinah, S., Suherman, S., Syazali, M., Efendi, H., Junaidi, R., Jermsittiparsert, K., & Umam, R. (2019). Probing-Prompting Based on Ethnomathematics Learning Model: The Effect on Mathematical Communication Skills. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(4), 799–814. https://doi.org/10.17478/jegys.574275

Ilham, N. W., Jabu, B., & Korompot, C. A. (2020). Analysis of Higher-Order Thinking Skills (Hots) Items in Senior High School English National Examination 2019. ELT Worldwide: Journal of English Language Teaching, 7(2), 156–162. https://doi.org/10.26858/eltww.v7i2.14764

Januariawan, I. W., Wisnu Budi Wijaya, I. K., Supadmini, N. K., & Nirmala Dewi, D. (2020). Pengembangan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Pendekatan Open-Ended. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 125–140. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.444

Julita, R., Putra, A., Perrianty, F., & Yenti, R. (2019). Improving Students’ Critical Thinking Skills through Module Ion Equilibrium in Salt Solution Based on Discovery Learning with Probing Prompting Techniques. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT, 16(1), 251–255. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.52155/ijpsat.v16.1.1183

Lubis, R., Harahap, T., & Nasution, D. P. (2019). Pendekatan Open-Ended dalam Membelajarkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 399–410. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.547

Maliq, S. A., Aziz, A., & Lestari, W. (2022). Analisis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa dalam Memecahkan Soal HOTS Matematika. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 3421–3427. https://doi.org/https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3410

Megawati, Hartatiana, & Wardani, A. K. (2020). Analysis of Student’s Thinking Ability to Solve Higher-Order Thinking Skills (HOTS) Math Problems. Journal of Physics: Conference Series, 1480(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1480/1/012050

Mukhtar, M., Rosyidah, U., & Setyawati, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Probing Prompting dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Mathema Journal, 4(1), 50–57. https://doi.org/https://doi.org/10.33365/jm.v4i1.1815

Mulyawan, M. I., Setiani, Y., Anwar, C., & Fs, H. (2023). Efektivitas Pendekatan Open-Ended pada Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir HOTS Matematis Siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 07(1), 421–431. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1911

Muthmainnah, Hapizah, Somakim, & Yusup, M. (2019). Penerapan Strategi Probing Prompting Dalam Pembelajaran Matematika Materi Relasi dan Fungsi di SMP. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 27–38. https://doi.org/https://doi.org/10.36706/jls.v1i1.9567

Primayana, K. H. (2019). Menciptakan Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah Dengan Berorientasi Pembentukan Karakter Untuk Mencapai Tujuan Higher Order Thingking Skilss (HOTS) Pada Anak Sekolah Dasar. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 3(2), 85–92. https://doi.org/https://doi.org/10.55115/purwadita.v3i2.367

Putra, H. S., & Sylvia, I. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Probing prompting Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Sosiologi di Kelas X SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(3), 273–281. https://doi.org/10.24036/nara.v1i3.45

Safitri, N. K. D. A., Indrawan, I. P. E., & Anggreni, N. L. P. Y. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik SMK PGRI 3 Bandung. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, IX(1), 76–87. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.3743929

Schleicher, A. (2018). PISA 2018: Insights and Interpretations. In Japanese Journal of Anesthesiology.

Setiana, S. (2020). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, 1(1), 34–43.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA Bandung.

Sulistyawati, A., Dwijanto, D., & Walid, W. (2018). Analysis of Mathematic Creative Thinking Ability and Metacognition of Students on Probing-Prompting Learning Models with Scaffolding Srategy. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 7(2), 174–181. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer

Wahab, I., & Nuraeni, N. (2020). The Analysis of Students’ Learning Style. Seltics, 3(1), 41–46. https://doi.org/10.46918/seltics.v3i1.509

Wassahua S. (2016). Analisis Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Himpunan Siswa Kelas VII SMP Negeri Karang Jaya Kecamatan Namlea Kabupaten Buru. Jurnal Matematika Dan Pembelajarannya, 2(1), 84–104. https://doi.org/https://doi.org/10.33477/mp.v4i1.310

Wulan, D. A., Susanti, E., & Aisyah, N. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA Melalui Teknik Probing – Promtng. JES-MAT, 3(2), 205–216. https://doi.org/https://doi.org/10.25134/jes-mat.v3i2.694

Wulandari, O. T., Nureva, N., & Mashari, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 4(1), 25–31. https://doi.org/10.52647/jep.v4i1.41