PENGARUH MODEL CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Albab, R. U., Wanabuliandari, S., & Sumaji, S. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi Gagung Duran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1767. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3969
Alpansyah, Dr., & Hashim, Dr. A. T. (2021). KUASI EKSPERIMEN : Teori dan Penerapan dalam Penelitian Desain Pembelajaran. Bogor : Guepedia.
Ayudia, G., & Mariani. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Core untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP S Methodist Rantauprapat. GENTA MULIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(2), 1–19.
Bokari, N. R., & Elniati, S. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING ORGANIZIG REFLECTING EXTENDING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 12(2), 68–73.
Buyung, B., Wahyuni, R., & Mariyam, M. (2022). Faktor Penyebab Rendahnya Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sd 14 Semperiuk a. Journal of Educational Review and Research, 5(1), 46. https://doi.org/10.26737/jerr.v5i1.3538
Fadilla, L. N., Manik, N., & Azdi, M. (2023). ANALISIS FAKTOR INTERNAL KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA KELAS V DI SEKOLAH DASAR QUR’AN AL- MUWAFFAQ KABUPATEN TANGERANG. 09(September), 1–23.
Isnaina, Z., Muhaimin, M. R., & Sutriyani, W. (2022). Zuyyina Isnaina, Muhamad Reizal Muhaimin, Wulan Sutriyani. JPM UIN Antasari, 09(1), 38–50.
Jatisunda, M. G., & Nahdi, D. S. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis melalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Scaffolding. Jurnal Elemen, 6(2), 228–243. https://doi.org/10.29408/jel.v6i2.2042
Khaidir, C., & Suhaili, N. (2023). Pengaruh Bimbingan Konseling dalam Upaya Mengatasi Rendahnya Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP. Journal on Education, 6(1), 2244–2253. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3226
Kotrlik, J. W., Williams, H. A., & Jabor, M. K. (2011). Reporting and Interpreting Effect Size in Quantitative Agricultural Education Research. Journal of Agricultural Education, 52(1), 132–142. https://doi.org/10.5032/jae.2011.01132
Li, L.-M., & Yang, Z. (2023). Research on the Reasons for Incomplete Learning of Mathematics Textbooks by Undergraduate Mathematics Students. Asian Journal of Education and Social Studies, 42(3), 24–31. https://doi.org/10.9734/ajess/2023/v42i3917
Mawardi, K., Arjudin, A., Turmuzi, M., & Azmi, S. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Tahapan Polya. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(4), 1031–1048. https://doi.org/10.29303/griya.v2i4.260
Miller, R. G., & Calfee, R. C. (2004). Making Thinking Visible: A Method to Encourage Science Writing in Upper Elementary Grades. National Science Teachers Association, 42(3), 20–25.
Munthe, L. S., & Pasaribu, L. H. (2023). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1321–1331. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2087
Niarti, N., Azmi, S., Turmuzi, M., & Hayati, L. (2021). Pembelajaran Kooperatif Tipe CORE (Connecting – Organizing – Reflecting – Extending) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Siswa Kelas VIII SMP. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(3), 297–305. https://doi.org/10.29303/griya.v1i3.68
Nissa, I. C. (2015). Teori dan Praktik Kemampuan Pemecahan Masalah.
Peraturan Pemerintah RI. (2006). PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR 22 TAHUN 2006. 122(1995), 25–27.
Polya, G. (1973). How to Solve it. In Stochastic Optimization in Continuous Time. https://doi.org/10.1017/cbo9780511616747.007
S. Posamentier, A., & Krulik, S. (2009). Problem solving in mathematics, grades 3–6: powerful strategies to deepen understanding (Issue 112). Corwin A SAGE Company.
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.
Thalheimer, W., & Cook, S. (2002). How to calculate effect sizes from published research: A simplified methodology WORK-LEARNING RESEARCH. www.work-learning.com
Thamsir, T., Silalahi, D. W., & Soesanto, R. H. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Non-Rutin Pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Dengan Penerapan Metode Peer Tutoring. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 3(1), 96–107.
Ulfa, Y. L., Roza, Y., & Maimunah. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA pada Materi Jarak pada Bangun Ruang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 415–424. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.732
Utomo, E. S., & Rahman, F. (2022). Implementasi Model CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa SMP Selama Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1935–1945. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1383
Wahyuningtyas, P. S., Setiani, Y., & Khaerunnisa, E. (2020). Pengaruh Model Core dengan Pendekatan Open Ended terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 81. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.979
Widiastika, N., & Kartika, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran CORE Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa: Studi Quasi Eksperimental. Journal of Research in Science and Mathematics Education (J-RSME), 2(3), 173–185. https://doi.org/10.56855/jrsme.v2i3.490