EKSPLORASI ARSITEKTUR MADURA: DARI TANEAN LANJHANG KE BAHAN AJAR GEOMETRI DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Fauzi, A., & Setiawan, H. (2020). Etnomatematika: Konsep Geometri pada Kerajinan Tradisional Sasak dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 118–128. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4690
Halim, H. (2011). Perkembangan Rumah Tradisional Muna. Jurnal Arsitektur, 1(2), 68–79.
Kurnia, W. A., & Nugroho, A. M. (2015). Karakteristik Ruang pada Rumah Tradisional Tanean Lanjhang di Desa Bandang Laok , Kecamatan Kokop , Kabupaten Bangkalan , Madura. 2(1), 10–21.
Kurnia WA, N. A. (2015). Karakteristik Ruang Pada Rumah Tradisional Tanean Lanjhang di Desa Bandang Laok Kecamatan Kokop, Kabupaten Bangkalan Madura. Jurnal Arsitektur, 2(1), 10–21.
Listiani, T., Dirgantoro, K. P. S., Saragih, M. J., & Tamba, K. P. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Menyelesaikan Soal Geometri pada Materi Bangun Ruang. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 3(1), 44.
Miles, B Matthev; Huberman, M. S. J. (2014). Qualitative Data Analysis.
Nidho, Y. (2013). Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik (1st ed.). PT Prestasi Pustakarya.
Nur’aeni, E. (2008). Teori Van hiele Dan Komunikasi Matematik (Apa, Mengapa Dan Bagaimana). Semnas Matematika Dan Pendidikan Matematika, 124–138.
Pramono, A. (2013). Media Pendukung Pembelajaran Rumah Adat Indonesia Menggunakan Augmented Reality. Jurnal ELTEK, 11(01), 1693–4024.
Said, A. A. (2004). Toraja Simbolisme Unsur Visual Rumah Tradisional (1st ed.). Ombak.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif (S. Y. Suryandari (ed.); 3rd ed.). Alfabeta.
Sumarto. (2019). Budaya, Pemahaman dan Penerapannya “Aspek Sistem Religi, Bahasa, Pengetahuan, Sosial, Keseninan dan Teknologi.” Jurnal Literasiologi, 1(2), 144–159.
Syakhrani, A. W., & Kamil, M. L. (2022). Budaya Dan Kebudayaan: Tinjauan Dari Berbagai Pakar, Wujud-Wujud Kebudayaan, 7 Unsur Kebudayaan Yang Bersifat Universal. 5(1), 782–791.
Syauqina, R. A. Qothrun Nada., Wardhani, Indah Setyo., Chusna, Noril Lailatul., Ulfa, Sukriya., & Fijriyah, Izzah. (2024). Permainan Tradisional Madura: Dari Permainan Tanjan ke Ide Aktivitas Spasial Skills dalam Pembelajaran Matematika. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), Vol. 10 No. 2, (718-727). https://doi.org/10.29100/jp2m.v10i2.6580
Ulfa, Sukriya., Wardhani, Indah Setyo., Syauqina, R. A. Qothrun Nada., Chusna, Noril Lailatul., & Fijriyah, Izzah. (2024). Budaya Tellasen Topak: Dari Ketupat ke Ide Aktivitas Spatial Skills dalam Pembelajaran Matematika. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), Vol. 10 No. 2, (654-663). https://doi.org/10.29100/jp2m.v10i2.6578
Wardhani, C. A. R., Permatasari, F. P., & Dwiasmaraditya, N. (2022). Kajian Etnomatematika pada Konstruksi Rumah Adat Suku Muna dari Sulawesi Tenggara. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 354–363.
Wardhani, I.S., Nusantara, T., Parta, I.N., Permadi, H., (2023). The Model of Geometry Learning With Spatial Skills Features: Is It Possible?. Journal of Higher Education Theory & Practice. Vol. 23 Issue 14, p225-240. 16p. DOI: /10.33423/jhetp.v23i14.6397.
Wardhani, Indah Setyo. (2023). Identifikasi Karakteristik Spatial Questions Mahasiswa Pendidikan
Guru Sekolah Dasar Pada Materi Geometri. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Matematika),Vol.9 No.2, (369-381). https://doi.org/10.29100/jp2m.v9i2.4746
Wardhani, Indah Setyo. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Imajinatif Spasial Untuk
Menumbuhkan Spatial Skills siswa sekolah dasar. Disertasi tidak dipublikasikan: Universitas Negeri Malang
Wardhani, Indah Setyo. (2023). Why Orientation Spatial Strategies Are Important In Learning
Geometry? The 2nd International Conference on Mathematics Education and Technology
(ICOMET). Universitas Islam Malang
Wardhani, Indah Setyo. (2024). Pengembangan Modul Ajar Materi Geometri Untuk Menumbuhkan Spatial Skills Siswa Sekolah Dasar. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), Vol. 10 No. 1, (277-289). https://doi.org/10.29100/jp2m.v10i1.5759
Wardhani, Indah Setyo. (2024). Learning Model Products: Is It Valid? (Study on Geometry Learning Model). Widyagogik. Vol 11. No 3. January–March 2024. DOI: https://doi.org/10.21107/Widyagogik/v11i3.26052