ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SMPN 18 SAMARINDA DALAM MENYELESAIKAN SOAL AKM BERDASARKAN GAYA KOGNITIF
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Amalia, F., Wildani, J., & Rifa’i, M. (2020). Literasi Statistik Siswa Berdasarkan Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 8(1), 1–6. https://doi.org/10.25273/jems.v8i1.5626
Ameliana, W. T. (2023). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Model Pisa Level 5 Ditinjau Gaya Kognitif. Edumath, 15(2), 54–60. https://doi.org/10.32682/edumath.v15i2.3001
Aras, S., Rusdiana, R., & Rizki, N. A. (2024). Kemampuan kognitif Siswa kelas homogen saat mengerjakan soal TIMSS materi bilangan. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 55–62. https://doi.org/10.30872/primatika.v13i1.3732
Arifin, S., & Asdar, A. R. (2015). Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau Dari Gaya Kognitif Dan Efikasi Diri Pada Siswa Kelas VIII Unggulan SMPN 1 Watampone. Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 20–29. https://doi.org/10.26858/jds.v3i1.1313
Ernia, N., & Mahmudah, W. (2023). Pengembangan e-modul berbasis problem-based learning untuk melatih literasi numerasi siswa. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 61–70. https://doi.org/10.30872/primatika.v12i1.1612
Fajriyah, E. (2022). Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Pada Pembelajaran Matematika Di Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 4(1), 403–409.
Hasan, B. (2020). Proses Kognitif Siswa Field Independent Dan Field Dependent Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(4), 323–332. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.p%25p
Ijtahidah, F. F., & Nisa’, R. (2023). Pengembangan soal literasi numerasi SMP yang terintegrasi Islam. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 1–8. https://doi.org/10.30872/primatika.v12i1.1596
Ilmiyah, Z., Nursit, I., & Walida, S. E. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent Peserta Didik Kelas VIII SMP Islam Pakis Malang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1731–1740. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1033
Murtafiah, M., & Amin, N. (2018). Pengaruh Gaya Kognitif Dan Gender Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 11(1), 75–82. https://dx.doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2986
Nafis, I. A., Sunismi, & Zauri, A. S. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Bantarkawung Dalam Menyelesaikan Soal Berorientasi Pisa Ditinjau Dari Kecerdasan Logis-Matematis Dan Gaya Kognitif. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, 18(5), 1–13.
Novianti, D. E. (2021). Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Kaitannya dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 2(1), 85–91.
Nugraha, M. G., & Awalliyah, S. (2016). Analisis Gaya Kognitif Field Dependent Dan Field Independent Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa Kelas VII. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), 5(1), SNF2016-71. https://doi.org/10.21009/0305010312
Pratiwi, D. A., Trapsilasiwi, D., Oktavianingtyas, E., Sunardi, S., & Murtikusuma, R. P. (2020). Level Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Change And Relationship Berdasarkan Gaya Kognitif. Kadikma, 10(3), 1–14. https://doi.org/10.19184/kdma.v10i3.17401
Qoriawati, R., Sulistyawati, I., & Yustitia, V. (2021). Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(2), 215–226. https://doi.org/10.30738/union.v9i2.10516
Rizki, N. A., Novri, I., Muhtadin, A., & Fendiyanto, P. (2024). Aturan Asosiasi Media Sosial Favorit Mahasiswa Pendidikan Matematika Berdasarkan Cara Belajar dan Gaya Belajar. Journal of Mathematics Education and Science, 7(1), 43–52. https://doi.org/10.32665/james.v7i1.1924
Safitri, A., & Khotimah, R. P. (2023). Kemampuan Literasi Matematika Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Space and Shape Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jambura Journal of Mathematics Education, 4(1), 24–34. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v4i1.18745
Siddiq, M., Sagala, V., & Listiana, Y. (2023). Profil Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berdasarkan Gaya Kognitif Dan Gender. JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 8(1), 64–80. https://doi.org/10.26877/jipmat.v8i1.14705
Susandi, A. D., & Widyawati, S. (2017). Proses Berpikir dalam Memecahkan Masalah Logika Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 45–52. https://doi.org/10.25217/numerical.v1i1.122
Syawahid, M., & Nurhardiani, N. (2018). Identifikasi Kemampuan Berpikir Formal Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 17–26. http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v4i1.4080
Teresia, W. (2021). Asesmen Nasional 2021. Guepedia.
Utomo, M. F. W., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(2), 185–193. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i2.25569
Yunarti, T., & Amanda, A. (2022). Pentingnya Kemampuan Numerasi Bagi Siswa. Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains Dan Teknologi, 2(1), 44–48.
Zahro, F. S. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Metafora Dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills(HOTS) Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel Berdasarkan Gaya Kognitif Psikologis Kelas X Di SMA Nuris Jember [Skripsi, UIN KH. Achmad Siddiq Jember]. http://digilib.uinkhas.ac.id/16342