EKSPLORASI HUBUNGAN ANTARA LITERASI NUMERASI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DI MADRASAH TSANAWIYAH
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Apriansyah, D., & Ramdani, M. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman dan Berpikir Kreatif Matematika Siswa MTs pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 1–7.
Astria, R. (2023). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Proximal Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 112–119. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2647
Astria, R. T., & Kusuma, A. B. (2023). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 112–119. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.2647
Erni, Ma’rufi, & Ilyas, M. (2022). Pengaruh Kemadirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. Kognitif Jurnal Riset Hots Pendidikan Matematika, 2(1), 53–61. https://doi.org/10.51574/kognitif.v2i1.386
Hanipah, N., Yuliani, A., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa MTs pada Materi Lingkaran. Aksioma : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 80–86.
Herawati, R. (2022). Penerapan Model Gradual Release of Responsibility Dalam Penguatan Pembelajaran Literasi Dan Numerasi. Ideguru Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1). https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i1.335
Kamara, J. G., Simamora, R. E., & Rahayu, S. W. (2023). Eksplorasi Faktor Penghambat Berpikir Kreatif Matematis Siswa Menengah Pertama. Mathematic Education And Application Journal (META, 5(1). http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/meta
Lestari, F. A., & Wulantina, E. (2024). Analysis of Mathematical Literacy in Solving PISA Questions Based on Ethnomathematics in Junior High School Students. Unnes Journal of Mathematics Education, 13(1), 96–103. https://doi.org/10.15294/6s2c6t07
Machali, I. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif: Panduan Praktis Merencanakan, Melaksanakan dan Analisis dalam Penelitian Kuantitatif (A. Q. Habib, Ed.; ke-3). Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Nursamira, N., Hermansyah, H., & Susanti, D. (2023). Studi Literatur : Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Mathematic Education and Aplication Journal (Meta), 4(2), 44–55. https://doi.org/10.35334/meta.v4i2.3347
Rahmawati, L. E., Juandi, D., & Nurlaelah, E. (2022). Implementasi Stem Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematis. Aksioma Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2002. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5490
Siregar, H. M. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Tes Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Materi Lingkaran. Aksioma Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3). https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2379
Sudirman, S., Yunita, I. R., Senjaya, A. J., Son, A. L., & Gunadi, F. (2020). Literasi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Pada Materi Relasi Dan Fungsi. Range Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 66–74. https://doi.org/10.32938/jpm.v2i1.556
Susanti, E. (2022). Korelasi antara Kemampuan Literasi Membaca Pemahaman Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas V SD. Collase (Creative of Learning Students Elementary Education), 5(3), 574–578. https://doi.org/10.22460/collase.v5i3.10872
Ulfa, E. M., Nuri, L. N., Sari, A. F. P., Baryroh, F., Ridlo, Z. R., & Wang, L. (2022). Implementasi Game Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9344–9355. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3742
Widya Sawitri, F., Suyono, S., & El Hakim, L. (2020). Perbandingan Model Problem Based Learning dengan Creative Problem Solving dan Cooperative Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Self-Efficacy Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 13(2), 196–208.
Yuniati, I., Juhana, A., Loka Son, A., & Gunadi, F. (2020). Bagaimanakah Literasi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama pada Materi Relasi dan Fungsi?: Exploratory Case Study. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1).