PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBANTUAN ICE BREAKING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs ZIA SALSABILA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Addawiyah, A. A., & Basuki, B. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Himpunan dan Kemandirian Belajar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 111–120. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1581
Agustina, T. B., & Sumartini, T. S. (2021). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Melalui Model STAD dan TPS. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 315–326. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1264
Aisyah, A. S. N., & Madio, S. S. (2021). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa dengan Pembelajaran Berbasis Masalah Melalui Pendekatan Konstekstual dan Matematika Realistik. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 363–372. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1268
Algivari, A., & Mustika, D. (2022). Teknik Ice Breaking pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 6(4), 433–439. https://doi.org/10.23887/jear.v6i4.53917
Ananda, R., & Siregar, L. N. K. (t.t.). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUTOGRAPH MATH TERHADAP KEMAMPUAN VISUALISASI GEOMETRI.
Arseven, A. (2015). Mathematical Modelling Approach in Mathematics Education. Universal Journal of Educational Research, 3(12), 973–980. https://doi.org/10.13189/ujer.2015.031204
Astuti, S., Danial, M., & Anwar, M. (2018). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PBL (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. Chemistry Education Review (CER), 1, 90. https://doi.org/10.26858/cer.v0i1.5614
Dewa Ayu Putu Putri Sri Devi, I Wayan Widana, & I Wayan Sumandya. (2022). PENGARUH PENERAPAN ICE BREAKING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI DI SMK WIRA HARAPAN. https://doi.org/10.5281/ZENODO.7032283
Dewi, N., Asifa, S. N., & Zanthy, L. S. (2020). PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA.
Fadilah, D. N., & Afriansyah, E. A. (2021). Peran Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Online. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 395–408. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i3.1443
Fatimah, L. U., & Alfath, K. (2019). ANALISIS KESUKARAN SOAL, DAYA PEMBEDA DAN FUNGSI DISTRAKTOR. Al-Manar, 8(2), 37–64. https://doi.org/10.36668/jal.v8i2.115
Fauzan, G. A., & Aripin, U. (t.t.). PENERAPAN ICE BREAKING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA VIII B SMP BINA HARAPAN BANGSA.
Fauzia, H. A. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5338
Hardianti, S. R., & Effendi, K. N. S. (t.t.). ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMA KELAS XI.
Harianja, M. M., & Sapri, S. (2022). Implementasi dan Manfaat Ice Breaking untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1324–1330. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2298
Haryanti, Y. D. (2017). MODEL PROBLEM BASED LEARNING MEMBANGUN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.596
Illahi, N. (2020). PERANAN GURU PROFESIONAL DALAM PENINGKATAN PRESTASI SISWA DAN MUTU PENDIDIKAN DI ERA MILENIAL. Jurnal Asy-Syukriyyah, 21(1), 1–20. https://doi.org/10.36769/asy.v21i1.94
Indah, R. P., & Farida, A. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(1), 41–47. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v8i1.1641
Indriyani, Y. D., Sudarman, S. W., & Vahlia, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan RME. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v7i1.712
Jamilatussa’adah, Y., & Laksana, M. W. (t.t.). Dampak Penerapan Kegiatan Ice Breaking Sebelum Pembelajaran pada Peserta Didik Kelas V di MI Pasirwaru. 4(5).
Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. FONDATIA, 4(1), 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441
Lette, I., & Manoy, J. T. (2019). Representasi Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika. MATHEdunesa, 8(3), 569–575. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v8n3.p569-575
Lisarani, V., & Qohar, Abd. (2021). REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP KELAS 8 DAN SISWA SMA KELAS 10 DALAM MENGERJAKAN SOAL CERITA. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 3(1), 1–7. https://doi.org/10.30598/jumadikavol3iss1year2021page1-7
Lusiana, L., Armiati, A., & Yerizon, Y. (2022). Kemandirian Belajar dan Persepsi Siswa Mengenai Guru Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 155–166. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1074
Mainali, B. (2020). Representation in Teaching and Learning Mathematics. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 9(1), 1–21. https://doi.org/10.46328/ijemst.1111
Maslinawati. (2021). MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGUNAKAN KARTUN DIGITAL BERBASIS APLIKASI CARTON STORY MAKER. https://doi.org/10.5281/ZENODO.5236098
Oktaria, M., Alam, A. K., & Sulistiawati, S. (2016). Penggunaan Media Software GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(1), 99–107. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i1.5014
Pamungkas, M. D., & Franita, Y. (t.t.). Keefektifan problem based learning untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa.
Pujiarti, T. (2022). Pengaruh Penggunaan Teknik Ice Breaking terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 3(1), 30–35. https://doi.org/10.54371/ainj.v3i1.113
Puspita, R. D., Liyani, I., & Purbowaseso, H. (t.t.). Pengaruh Metode Ice Breaking Berbantuan Musik Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika. 2021, 1(1).
Ramli, M. (t.t.). HAKIKAT PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK.
Shofiyah, N., & Wulandari, F. E. (2018). MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MELATIH SCIENTIFIC REASONING SISWA. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 33. https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n1.p33-38
Solihati, D., Abidin, H. A. Z., & Purwanti, E. (2018). HUBUNGAN ICE BREAKER DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS.
Suciawati, V., Anggiana, A. D., & Hermawan, V. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Penerapan Model Problem-Based Learning. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 8(1), 119–127. https://doi.org/10.23969/symmetry.v8i1.9449
Suningsih, A., & Istiani, A. (2021a). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 10.
Suningsih, A., & Istiani, A. (2021b). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 10.
Triwiyanto, T. (2021). Pengantar Pendidikan. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=grgmEAAAQBAJ
Wardani, V. R., Dewi, N. R., & Waluya, S. B. (2024). Implementasi Model Challenge Based Learning Terintegrasi STEAM Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. 7.
Zuhaida, A. (2017). Program Pembelajaran IPA Berbasis Masalah untuk Menumbuhkan Metakognisi Siswa MTS di Salatiga. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 2(2), 133–142. https://doi.org/10.21154/ibriez.v2i2.30