PENGEMBANGKAN BAHAN AJAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA MENGGUNAKAN CANVA APPS PADA CANDI MUARO JAMBI UNTUK KELAS III SD
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Adrian, Q. J., Putri, N. U., Jayadi, A., Sembiring, J. P., Sudana, I. W., Darmawan, O. A., Nugroho, F. A., & Ardiantoro, N. F. (2022). Pengenalan Aplikasi Canva Kepada Siswa/Siswi Smkn 1 Tanjung Sari, Lampung Selatan. Jurnal Of Technology And Social For Community Service (JTSCS), 3(2), 187–191. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v3i2.2020
Antari, P. L., Widiana, I. W., & Wibawa, I. M. C. (2023). Modul Elektronik Berbasis Project Based Learning Pembelajaran IPAS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 266–275. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.60236
Chan, F., & Budiono, H. (2021). Pengembangan Panduan Praktikum Konsep Dasar Biologi dan Lingkungan Berbasis Project Based Learning. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 6(2), 139–149. https://online-journal.unja.ac.id/gentala/article/download/15656/12487
Dahmiri, Fitriaty, Asyhadi, Sadzali, A. M., Fazri, A., & Musnaini, M. M. (2023). Pengembangan Wisata Candi Muaro Jambi. https://penerbitadab.id
Dominikus, W. S. (2021). Hubungan Etnomatematika Adonara Dan Matematika Sekolah (Etnografi Matematika Di Adonara). Media Nusa Creative.
Giyarto. (2018). Pesona Wisata Jambi (PT Intan Pariwara).
Huda, I. A. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Terhadap Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 121–125. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.622
Karso, Suryadi, G., Muhsetyo, G., Chandra, T. D., Widagdo, D., & Priatna, N. (2008). Pendidikan Matematika I. Universitas Terbuka.
Krismonita, M. D., Sunardi, S., & Yudianto, E. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Candi Agung Gumuk Kancil Banyuwangi sebagai Lembar Kerja Siswa. Journal of Mathematics Education and Learning, 1(2), 149. https://doi.org/10.19184/jomeal.v1i2.24327
Mahadi, F., Husin, M. R., & Hassan, N. M. (2022). Gaya Pembelajaran: Visual, Auditori dan Kinestetik. Journal of Humanities and Social Sciences, 4(1), 29–36. https://doi.org/10.36079/lamintang.jhass-0401.340
Maryono, & Budiono, H. (2021a). Pengembangan Bahan Ajar Membaca dan Menulis Berbasis Mobile Learning Sebagai Alternatif Belajar Mandiri Siswa Kelas Awal Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4281–4291. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1502
Muhammad, A. F. N., & Novitasari, N. I. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 4, 80–93.
Novera, R. D., Sukasno, & Sofiarini, A. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbasis Powtoon Menggunakan Konsep Etnomatematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6, 7161–7173.
Prabaningrum, I. G. A. I., & Putra, I. K. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization Berbantuan Media Semi Konkret Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 414. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21775
Rosita. (2020). Penerapan Model pembelajaran ADDIE Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Pada SMK Paba Binjai. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2(1).
Safitri, M., & Aziz, M. R. (2022). ADDIE, Sebuah Model Untuk Pengembangan Multimedia Learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 50–58. http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/2237
Sastrawati, E., & Guspita, D. (2022). Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Volume 11 Nomor 4 Agustus 2022 Implementation of Ethnomathematics-Based Mathematic Module To Increase the Student ’ S Critical Thinking Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Volume 11 Nomor 4 Agustus. 11, 1029–1037.
Sastrawati, E., Maryono, & Budiono, H. (2023). Etnomatematika (Matematika dalam Budaya Sepucuk Jambi Sembilan Lurah). Mediaguru.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. In Penerbit Alfabeta. Alfabeta.
Utami, Y. R. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Flipbook Dalam Menunjang Pembelajaran Berdiferensiasi Di Kelas IV Sekolah Dasar. Universitas Jambi.
Winarni, E. W. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Research and Development (R & D). Bumi Aksara.
Yuliawati, E. P. T., Abadi, I. B. G. S., & Suniasih, N. W. (2022). Flipbook sebagai Media Pembelajaran Fleksibel pada Muatan IPA Materi Daur Hidup Hewan untuk Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 95–105.