ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERBASIS MASALAH
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Amilia Suganda, V. (2015). Kesulitan Merepresentasikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 2(1), 41–47.
Andekaputri, E. (2021). Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Self-Confidance Dan Self-Efficacy Dalam Pembelajaran Aljabar Pada Siswa SMP Negeri 16 Bengkulu Selatan. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.
Creswell, J. W. (2014). Research Design.
Dewi, D. K., Khodijah, S. S., & Zhanty, L. S. (2020). Analisis Kesulitan Matematika Siswa SMP Pada Materi Statistika. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1–7.
Hartanto, S. B. (2015). Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Pendidikan (Vol. 03, Issue 2).
Herlina, E. Y., & Nursangaji, A. (2017). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Materi Fungsi Di Kelas VIII SMP Bumi Khatulistiwa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(10), 1–9. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/22666/17995
Koyimah, R. N., & Yuliandari, R. N. (2020). Kemampuan Representasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Proceeding International Conference on Islamic Education, 5, 224–230.
Lindquist, M. M., & Gates, J. D. (2020). Teaching Children Mathematics. National Council of Teachers of Mathematics, 1(1), 53–59.
Maghfiroh, S., & Rohayati, A. (2020). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Segiempat. 20.
Miladiah, A., Nurhaida, & Karimah, N. I. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 4.
Pratiwi, R. D. (2017). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Masalah Barisan dan Deret Aritmetika Kelas XI SMA Negeri 1 Wirosari Grobongan. Universitasi Islam Negeri Walisongo.
Rijal Fadli, M. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1
Sabirin, M. (2014). Representasi Dalam Pembelajaran Matematika. JPM IAIN Antasari, 1(2), 33–44.
Salsabilah, A. P., & Kurniasih, M. D. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Ditinjau dari Efikasi Diri pada Peserta Didik SMP.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method) (2nd ed.). Alfabeta.
Suningsih, A., Istiani, A., Ahmad, J. K., Pringsewu, D., & Id;, A. S. A. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 225–234. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa
Susanah. (2014). Strategi Pembelajaran Matematika.
Yuha, I. T. W., Astuti, I., & Fergina, A. (2021). Analisis Motivasi Belajar Siswa (Studi Tentang Peserta Didik yang Memiliki Motivasi Rendah Di Sekolah Menengah Atas Santun Untan Pontianak). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(12). https://dx.doi.org/10.26418/jppk.v10i12.51571
Yuniati, S., & Suparjono, S. (2019). Model Representasi Matematis Siswa Kelas IV Dalam Menyelesaikan Soal Cerita. MaPan, 7(2), 249–260. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n2a6
Yusepa Ginanjar Putra, B. (2018). Peningkatan Kemampuan Representasi dan Abstraksi Matematis Serta Self-Awareness Siswa SMP Melalui Cognitive Aprenticeship Instruction. Univeristas Pendidikan Indonesia.