ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V PPWNI KLANG MALAYSIA

Lailatul Magfiroh
Uki Suhendar
Riko Sudirman


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v9i1.3921

Abstract


Tujuan penelitian ini yakni untuk mendiskripsikan akan faktor kesulitan belajar pada mata pelajaran matematika serta menganalisis faktor kesulitan belajar ditinjau dari hasil belajar matematika kelas V PPWNI Klang Malaysia. Jenis penelitian ini pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa angket, observasi, wawancara serta dokumentasi yang dilakukan pada saat pembelajaran di kelas V PPWNI Klang Malaysia. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi dan ketekunan pengamat. Hasil data yang diperoleh untuk kesulitan belajar faktor internal yakni 55,93% dan faktor eksternal 59,2%. 36% siswa dari data analisis hasil belajar siswa mengalami kesulitn belajar pada ranah kognitif.


Keywords


Faktor Kesulitan Belajar; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Ahmadi, A. dan Supriyono, W. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Alang, S. (2015). Urgensi Diagnosis Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar. Al-Irsyad Al-Nafs: Jurnal Bimbingan dan Penyuluhan Islam, 2(1).

Ambaryanti, R. (2013). Hubungan Intensitas Pendampingan Belajar Orang Tua dengan Kualitas Hasil Belajar Siswa di Ra Al-Islam Mangunsari 02 Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 2(2).

Cahyono, H. (2019). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa MIN Janti. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 1-4.

Darjiani, N. N. Y., Meter, I. G., Negara, I. G. A. O., & Ke, S. P. M. (2015). Analisis kesulitankesulitan belajar matematika siswa kelas V dalam implementasi kurikulum 2013 di SD Piloting se-kabupaten Gianyar tahun pelajaran 2014/2015. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1).

Duskri, M., Kumaidi, K., & Suryanto, S. (2014). Pengembangan Tes Diagnostik Kesulitan Belajar Matematika di SD. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 18(1), 44-56.

Evita, Z., Rahmi, R., & Efendi, Y. (2015). Analisis Faktor Kesulitan Belajar pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Siswa Kelas VII MTs Batamiyah Batam. SIMBIOSA, 4(1).

Jamaris, M. (2009). Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya. Jakarta: Yayasan Penamas Murni.

Judiani, S. (2010). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(9), 280-289.

Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya

Murdiyanto, T., & Mahatama, Y. (2014). Pengembangan Alat Peraga Matematika Untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Sarwahita, 11(1), 38-43.

Nofitasari, I., & Sihombing, Y. (2017). Deskripsi Kesulitan Belajar Peserta Didik dan Faktor Penyebabnya dalam Memahami Materi Listrik Dinamis Kelas X SMA Negeri 2 Bengkayang. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 7(1), 44-53.

Nursalam, N. (2016). Diagnostik Kesulitan Belajar Matematika: Studi Pada Siswa SD/MI Di Kota Makassar. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 19(1), 1-15.

Redja, M. (2010). Filsafat Ilmu Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rumbewas, S. S., Laka, B. M., & Meokbun, N. (2018). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SD Negeri Saribi. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains, 2(2), 201-212.

Satrianawati, S. (2017). Dampak Penggunaan Handphone Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 54-61

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta

Trisiah, A. (2019). Dampak Tayangan Televisi pada Pola Komunikasi Anak. Jurnal Inovasi, 13(1), 34-45.

Triyono, A. (2011). Identifikasi faktor penyebab kesulitan belajar matematika di kelas rendah SD Negeri Karangtengah 1 Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Skripsi tidak diterbitkan, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Waskitoningtyas, R. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kota Balikpapan Pada Materi Satuan Waktu Tahun Ajaran 2015/2016. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(1), 24-32.

Yeni, E. M. (2017). Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar (Jupendas), 2(2)