Model Berpikir Kreatif Guru Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Teknologi Dan Non Teknologi

Kenys Fadhilah Zamzam


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v8i2.3505

Abstract


Guru berperan penting dalam kegiatan pembelajaran untuk dapat memaksimalkan potensi dari siswa. Oleh karena itu ketrampilan guru harus selalu ditingkatkan. Salah satunya keterampilan guru dalam berpikir kreatif dalam mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis teknologi dan non teknologi. Pada penelitian sebelumnya membahas berpikir kreatif guru dalam memecahkan masalah matematika tetapi belum mengungkapkan berpikir kreatif guru dalam mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis teknologi dan non teknologi. Berdasarkan hal tersebut maka dalam penelitian ini menyelidiki model berpikir kreatif guru dalam mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis teknologi dan non teknologi. Tahap awal melibatkan lima orang guru dengan kemampuan matematika bervariasi dan jenis kelamin berbeda beda. Peneliti kemudian meminta guru mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis teknologi dan non teknologi. Berdasarkan media pembelajaran yang dikembangkan guru dikategorikan model berpikir guru dalam tiga model berpikir kreatif yaitu guru MT masuk model berpikir kreatif construction serta guru FA, BA, SN, dan FF termasuk dalam model berpikir kreatif Modification. Hal ini menunjukkan model berpikir kreatif guru dalam mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis teknologi dan non teknologi masih dalam kategori model berpikir kreatif Modification.


Keywords


Media pembelajaran, Model Berpikir kreatif, teknologi, non teknologi

Full Text:

PDF

Article Metrics :