Analisis Kesulitan Belajar Sistem Persamaan Linier Siswa SMP di Pasca Pandemik

Ahmad Iswanto, Kristianti Kristianti, Meyta Dwi Kurniasih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab terjadinya kesulitan belajar yang dihadapi peserta didik SMP di masa pembelajaran pasca pandemik. Penelitian dilakukan di SMP daerah Jakarta Barat dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini mengambil subjek 2 (dua) peserta didik yang sudah ditentukan oleh guru matematika. Data penelitian didapat dengan menggunakan tes uraian, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa subjek S1 tingkat kesulitan yang dihadapi pada pembelajaran matematika yaitu tidak dapat mengatur waktu saat mengerjakan soal yang diberikan dan kurangnya kemampuan literasi matematis; sedangkan untuk subjek S2 tingkat kesulitan yang dihadapi pada pembelajaran matematika yaitu kurangnya pemahaman terhadap matematika khususnya pada materi SPLDV, kurangnya literasi matematis, kurangnya usaha dalam mengerjakan soal tersebut.

Keywords


Kesulitan Belajar; Pembelajaran Matematika; Pasca Pandemik

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v8i2.3236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika)
ISSN: 2580-3263 (Online) | 2460-7800 (print)
Published by
Prodi Pendidikan Matematika
Universitas Bhinneka PGRI 

in collaboration with
the Indonesian Mathematical Society (IndoMS)

Website : https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jp2m/index
Email : jp2m@stkippgritulungagung.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.