Analisis Kesulitan Belajar Sistem Persamaan Linier Siswa SMP di Pasca Pandemik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab terjadinya kesulitan belajar yang dihadapi peserta didik SMP di masa pembelajaran pasca pandemik. Penelitian dilakukan di SMP daerah Jakarta Barat dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini mengambil subjek 2 (dua) peserta didik yang sudah ditentukan oleh guru matematika. Data penelitian didapat dengan menggunakan tes uraian, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa subjek S1 tingkat kesulitan yang dihadapi pada pembelajaran matematika yaitu tidak dapat mengatur waktu saat mengerjakan soal yang diberikan dan kurangnya kemampuan literasi matematis; sedangkan untuk subjek S2 tingkat kesulitan yang dihadapi pada pembelajaran matematika yaitu kurangnya pemahaman terhadap matematika khususnya pada materi SPLDV, kurangnya literasi matematis, kurangnya usaha dalam mengerjakan soal tersebut.
Keywords
Kesulitan Belajar; Pembelajaran Matematika; Pasca Pandemik