PENGARUH KEMAMPUAN VERBAL, NUMERIK, DAN SPASIAL TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA

Sri Jamilah Mukaromah
Maylita Hasyim


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v3i1.294

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan verbal, numerik, dan spasial terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita bangun ruang sisi datar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tugu Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian assosiatif kausal.Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri Tugu. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIII A, VIII F, dan VIII H yang diambil dengan teknik cluster random sampling sejumlah 82 siswa. Pengambilan data menggunakan metode tes. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh kemampuan verbal, numerik dan spasial secara simultan terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita sebesar 29,9% dengan persamaan regresi  Y = 18,740 + 0,300X1 + 0,239X2 + 0,209X3

Keywords


kemampuan verbal, numerik, dan spasial

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Amir. 2013. Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelegences). Jurnal Logaritma: Januari 2013. (Online), Vol 1. No.1http://jurnal.iainpandangsidmpuan.ac.id/index.php/LGR/article/download/196/177, diakses 7 Januari 2017.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Budiyono. 2009. Statistik Untuk Penelitian. Jawa Tengah: UNS Press

Daniyati, Nafizah Ajeng dan Sugiman. 2015. Hubungan Antara Kemampuan Verbal, Kemampuan Interpersonal, dan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika. Phythagoras (1): Juni 2015. (Online), 50-60 http://journal.uny.ac.id/index.php/phythagoras/article/view/9109, diakses 15 Januari 2017

Hardiani, Nur. 2014. Pengaruh Kemampuan Verbal dan Kemampuan Numerik Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal-Soal Sistem Persamaan Linier Bentuk CErita Pada Siswa MTs. Darul Anam Tegal, Kota Mataram. Jurnal Tadris Matematika: (Online), Vol.7, No.1, http://jurnalbeta.ac.id/index.php/betaJTM/article/download/44/58, diakses 15 Januari 2017

Harmony, Junsella dan Theis, Roseli.2012. Pengaruh Kemampuan Spasial Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Kota Jambi.Edumatica (1): April 2012. (Online), 11-19 https://online-journal.unja.ac.id/index.php/edumatica/article/download/598/534, diakses 9 Januari 2017

Indrawati, Farah. 2012. Pengaruh Kemampuan Numerik dan Cara Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif (3): 2012. (Online), 215-223 https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/formatif/article/download/126/122, diaskes 7 Januari 2017.

Rif’an, Muhamad Ghoni. 2011. Pengaruh Kemampuan Spasial Terhadap Prestasi Belajar Matematika Materi Pokok Dimensi Tiga Pada Siswa Kelas X Semester II SMA Negeri 11 Semarang Tahun Pelajaran 2010/2011.Skripsi tidak dipublisasikan. Semarang: Institut Agama Islam Negeri Walisongo

Russel, Lou. 2011. The Accelerated Learning Fieldbook Panduan Belajar Cepat Untuk Pelajar dan Umum. Bandung: Nusa Media

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sumada, dkk.2013. Kontribusi Kebiasaan Belajar dan Kemampuan Numerikal Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Seraya Timur. Jurnal FIP Universitas Pendidikan Ganesha.(Online), 1-10 http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewfile/1532/1366, diakses 19 Januari 2017

Suparno, Paul. 2004. Teori Inteligensi Ganda dan Aplikasinya di Sekolah Cara Menerapkan Teori Multiple Intelligences Howard Gardner. Yogyakarta: Kanisius

Yudharina, Pretty. 2015. Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Mejing 2 Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi tidak dipublikasikan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta