PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI HITUNG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STAD
Abstract
penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran obyektifpeningkatkan prestasi belajar matematika siswa SD, khususnya pada materi operasi hitung bilangan cacah melalui penerapan model pembelajaran STAD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang rancangannya meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 1 Kamulan Trenggalektahun pelajaran 2016/2017. Instrumen penelitian meliputi lembar tes, lembar observasi, dan perangkat pembelajaran.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan diterapkannya metode pemberian balikan terbukti mampu meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu terjadinya peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus I 75,83 dengan prosentase ketuntasan belajar siswa 75,00% meningkat pada siklus II menjadi 85,00 dengan prosentase ketuntasan belajar siswa 100%.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Slavin, R.E. (2005). Cooperative Learning (Cetakan Ke-15). Bandung: Nusa Media
Depdiknas. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: BalaiPustaka.
Anni, Catharina Tri, dkk. 2006. Psikologi Belajar. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press
Sukmadinata Nana Syaodih. 2007.Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya
Trianto, 2007, Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek.Jakarta: Prestasi Pustaka
Arikunto, 2007. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. jakarta: Rineka Aksara
Suparno, P.,Rohandi, R., Sukadi, G., Kartono, S. 2001. Reformasi Pendidikan Sebuah Rekomendasi. Yogyakarta : Penerbit Kanisius.