PENGARUH MODEL KOOPERATIF JIGSAW DENGAN GUIDED DISCOVERY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

novitasari novitasari
Ratri Candra Hastari
yuniek fauzanin


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v3i1.291

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model kooperatif tipe jigsaw dengan penemuan terbimbing (guided discovery) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi pokok segitiga dan segiempat siswa kelas VII SMP Negeri 5 Trenggalek tahun pelajaran 2016/2017. Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa diukur menggunakan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematika yang terdiri dari 5 soal uraian dengan koefisien reliabilitas 0,641.Rancangan penelitian eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Post-test Only Control Design dengan teknik analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t, diperoleh thitung = 4,863 > ttabel = 1,66827 (pada taraf signifikan 0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Penemuan Terbimbing (Guied Discovery) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi pokok segitiga dan segiempat siswa kelas VII SMP Negeri 5 Trenggalek tahun pelajaran 2016/2017.


Keywords


jigsaw, guided discovery, pemecahan masalah

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Boehm, Ann E., (1971), Bochm Tes of Basic Concepts Manuel. New York: David Mickay, Cornelius, M., (1982), Teaching Mathematics. New York: Nicholas Publishing Company.

Djumalingsih, Nona Putri & Riyadi &Iswahyudi Gatut. 2012. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw yang Berorientasi Pada Penemeuan Terbimbing dengan Penggunaan Alat Peraga Pada Materi Bangun Datar Segi Empat Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Matematika. Nomor:2 Desember 2012. 120-135.

Fitriana, Hanny. 2010. Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa (Online). http://scholar.google.com, diakses 02 Februari 2017.

Hudojo, Herman. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.

Iswahyudi, Gatut. Riyadi. & Djumalingsih, Putri Nosa. 2012. Eksperimentasi Model Pembelajaran Tipe Jigsaw Yang Berorientasi Pada Penemuan Terbimbing Dengan Penggunaan Alat Peraga Pada Materi Bangun Datar Segi Empat Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Matematika (Online), https://Digilib.uns.ac.id, diakses 02 Februari 2017.

Kotijah, Siti. 2005. Meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII A MTsN Kaliangkrik tahun pelajaran 2004/2005 pada pokok bahasan bangun segiempat dengan metode penemuan terbimbing. Skripsi tidak dipublikasikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: Rosda.

Riastini, Nanci. Suardjana, Md & Gunantara, Gd. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas V (Online). http://Ejurnal.undiksha.ac.id, diakses 02 Februari 2017.

Runtukahu, J. Tombokan & Kandou, Selpius. 2014. Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar.Rozz Media.

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alvabeta.

Sukmadinata, Nana syaodih. 2009. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Rosda.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta. Kencana Predana Media Group.

Trianto, 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Widyanti, Djamilah Bondan. 2009. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika: Apa dan Bagaimana Mengembangkannya (Online), http://www.uny.ac.id, diakses 02 Februari 2017.