PENERAPAN METODE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Murningsih Murningsih


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v3i1.290

Abstract


Penelitian ini bertujuan untukmengetahuipeningkatkan prestasi belajar matematika siswa SD, khususnya pada materi uang melalui penerapan metode giving question dan getting answer. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang rancangannya meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.Subjek penelitian adalah siswa kelas 3 SDN Ngadisuko 3tahun pelajaran 2015/2016.Instrumen penelitian meliputi lembar tes, lembar observasi, lembar wawancara, dokumentasi, dan perangkat pembelajaran.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan diterapkannya metode giving question dan getting answer terbukti mampu meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu terjadinya peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus I 78,45 dengan prosentase ketuntasan belajar siswa 78,95% meningkat pada siklus II menjadi 90,00 dengan prosentase ketuntasan belajar siswa 100%.


Keywords


prestasi belajar, giving question-getting answer

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Depdiknas.1999. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Sadirman M.A. 1994. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Raja

Grafindo Persada.

Siskha & Jetti. 2015. Pengaruh Model Giving Questions And Getting Answer Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP. Jurnal Pelangi Vol. 8 No. 1.

Sutratinah Tirtonegoro, 2001. Anak Supernormal dan Program Pendidikannya.

Jakarta : Gramedia

Wahidmurni, 2008.Penelitihan Tindakan Kelas Dari Teori Menuju Praktik. Malang: UM. Press.