PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BILANGAN ROMAWI MELALUI PEMBERIAN BALIKAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran obyektif peningkatkan prestasi belajar matematika siswa SD, khususnya pada materi bilangan romawi melalui penerapan pendekatan pemberian balikan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang rancangannya mengacu pada desain penelitin Kemmis dan Mc. Tagart, yang meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Gador 2 tahun pelajaran 2014/2015. Instrumen penelitian meliputi lembar tes, lembar observasi, dan perangkat pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan diterapkannya metode pemberian balikan terbukti mampu meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu terjadinya peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus I 71,25 dengan prosentase ketuntasan belajar siswa 75,00% meningkat pada siklus II menjadi 81,25 dengan prosentase ketuntasan belajar siswa 87,25%.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Curle A. 1982. Identitas Profesional Perencanaan Pendidikan. Jakarta: LAN.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Moh. Uzer Usman, 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nurkanca, Wayan. 1997. Evaluasi pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Sumadi, Suryabrata. (1990). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rajawali.
Sunarsih, Iwit. 2015. Peningkatan Prestasi Belajar Perbandingan Dan Skala Melalui Pemberian Balikan Di Kelas V Sd Negeri 3 Sukorame Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek Semester Ii Tahun 2012/2013. Jurnal Pendidkan Profesional Vol. 4 No. 3.
Sutopo. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS
Wahyono. 1995. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru, Bandung: Rosdakarya.