Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial berdasarkan taksonomi solo pada kelas VII SMP
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kesalahan-kesalahan siswa ketika mengerjakan soal aritmatika sosial yang didasarkan pada taksonomi SOLO. Kesalahan pada siswa berdasarkan taksonomi SOLO ditinjau dari 5 level antara lain Extended AbstractRelasional, Multistruktural, Unistruktural dan Prastruktural. Pendekatan secara kualitatif digunakan pada riset ini dengan penggunaan metode deskriptif. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini merupakan hasil tes tertulis serta wawancara. Data penelitian diperoleh dari siswa kelas VII-E SMPN 17 Malang yang berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Pada penelitian ini siswa dibagi kedalam 3 golongan yaitu siswa yang memiliki kemampuan tinggi, golongan siswa yang berkemampuan sedang, serta siswa dalam kategori berkemampuan rendah berdasarkan skor yang diperoleh siswa saat tes tertulis. Hasil penelitian ini yaitu siswa yang berkategori tinggi, bisa melewati semua level dengan baik, siswa yang berkategori sedang, melakukan kesalahan di level relasional, serta siswa dengan kategori rendah, melakukan kesalahan pada level prastruktural, level multistruktural sampai level extended abstract.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Azmia, S., & Soro, S. 2021. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Taksonomi Solo Pada Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1-9.
Biggs, J.B., & Collis, K.F. 1982. Evaluating the quality of learning: The SOLO taxonomy (Structure of the Observed Learning Outcome). New York: Academic Press.
Dewi, S. I. K. 2014. Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Faktorisasi Bentuk Aljabar SMP Negeri 1 Kamal Semester Gasal Tahun Ajaran 2013/2014. MATHedunesa, 3(2), 23-33. (online), https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/8724
Ekawati, R., Junaedi, I., & Nugroho, S. E. 2013. Studi Respon Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Taksonomi SOLO. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 2(2), 1-7. (online), https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/2692/2480
Kuswana, W. S. 2014. Taksonomi Kognitif Perkembangann Ragam Berfikir. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Manibuy, R.,dkk. 2014. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat Berdasarkan Taksonomi Solo. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(9), 33-45.
Marisa, G.,dkk. 2020. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Aljabar Berdasarkan Taksonomi Solo. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 77-88. (online), http://ojs.uho.ac.id/index.php/JPM/article/view/99...
Marlyana, V. 2017. Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII Menyelesaikan Soal Aljabar Dengan Taksonomi Solo di SMP Negeri 1 Teras. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(9), 33-45.
Oktaviani, L. 2020. Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial Ditinjau Dari Taksonomi SOLO Kelas VII. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Puspitasari, N., & Setyaningsih, N. 2016. Kesalahan Siswa SMP Menyelesaikan Soal Aljabar ditinjau dari Taksonomi SOLO di SMP Negeri 1 Sambi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Surakarta. 1-10. 15 Mei 2016.
Putri, L. F. 2013. Identifikasi Kemampuan Matematika Siswa dalam Memecahkan Masalah Aljabar di Kelas VIII Berdasarkan Taksonomi SOLO. Jurnal MATHedunesa, 2(1), 1-8.
Ramlan, M. & Mallisa, P. L. 2016. Profil Pemecahan Masalah matematika Berdasarkan Taksonomi Solo Ditinjau dari Gaya Kognitif dan Gender. Jurnal Daya Matematis, 4(1), 90-100.
Sahriah, S. 2012. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada soal Cerita Berdasarkan Taksonomi SOLO. Malang: Universitas Negeri Malang.
Sundayana, R. 2013. Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Tampi, W., Subanji & Sisworo. 2017. Proses Metakognisi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Aljabar Berdasarkan Taksonomi Solo. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(11), 21182125. (online), https://doi.org/10.29313/ethos.v0i0.1669
Widayanti, E. 2018. Analisis Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal TIMMS Untuk Kategori Penalaran. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 3(1), 76-85. (online), https://doi.org/10.15642/jrpm.2018.3.1.76-85
Widyawati, A., dkk. 2018. Analisis Kesalahan Siswa dalam Memecahkan Masalah Lingkaran Berdasarkan Taksonomi SOLO Pada Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, VI(1), 1-9.