ANALISIS PENERAPAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Wariska Ocvi Afifah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan Google Classroom sebagai media pembelajaran di masa pandemi covid-19 pada mata pelajaran matematika kelas XI IPA 5 MAN 1 Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini berupa angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik.

Data yang diperoleh dari angket respon siswa menunjukkan bahwa persentase setiap aspeknya, pada aspek 1 (kegunaan) sebesar 78% sehingga termasuk pada kriteria respon positif, pada aspek 2 (kemudahan pengguna) sebesar 81% sehingga termasuk pada kriteria respon sangat positif, pada aspek 3 (kemudahan belajar) sebesar 74% sehingga termasuk pada kriteria respon positif, dan pada aspek 4 (tingkat kepuasan siswa) sebesar 70% sehingga termasuk pada kriteria respon positif. Berdasarkan hasil angket dapat disimpulkan bahwa dari 4 aspek, 1 aspek yang termasuk kriteria respon sangat positif dan terdapat 3 aspek yang termasuk kriteria positif. Adapun data yang diperoleh dari hasil wawancara diketahui bahwa terdapat kendala saat menggunakan Google Classroom yaitu jaringan yang tidak stabil dan tidak ada pemberitahuan pada smartphone jadi jika ingin mengetahui ada tugas atau mulai pembelajaran harus membuka Google Classroom terlebih dahulu.

Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Google Classroom sebagai media pembelajaran di masa pandemi covid-19 pada mata pelajaran matematika kelas XI IPA 5 MAN 1 Surakarta baik dan positif digunakan meskipun ada beberapa kendala.


Keywords


Google Classroom, pembelajaran daring, pandemi covid-19



DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v7i2.2259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika)
ISSN: 2580-3263 (Online) | 2460-7800 (print)
Published by
Prodi Pendidikan Matematika
Universitas Bhinneka PGRI 

in collaboration with
the Indonesian Mathematical Society (IndoMS)

Website : https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jp2m/index
Email : jp2m@stkippgritulungagung.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.