Perbedaan hasil belajar model pembelajaran problem posing dan question student have pada kelas ix

Siskanti Kanti, Riski Nur Istiqomah Dinnullah

Abstract


Ada tidaknya perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Problem Posing dan Question Student Have (QSH) pada peserta didik kelas IX di MTs Nurul Mubtadiin menjadi tujuan dalam penelitian ini. Metode kuantitatif digunakan pada penelitian ini dengan jenis eksperimen semu (quasi experiment). Seluruh peserta didik kelas IX MTs Nurul Mubtadiin tahun ajaran 2020/2021 digunakan sebagai populasi penelitian. Cara purposive sampling dipakai untuk pengambilan sampel lalu terpilih kelas eksperimen 1 yaitu kelas IX-1 dan kelas IX-2 terpilih menjadi kelas eksperimen 2 dalam penelitian ini. Peneliti menggunakan tes untuk memperoleh data. Tes melalui tahap uji instrumen yang terdiri dari uji validitas serta uji reliabilitas sebelum digunakan. Uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (Independent Sample T-Test) merupakan tahapan yang dilalui dalam menganalisis data pada penelitian ini. Diketahui bahwa ada perbedaan hasil belajar dengan pemberian perlakuan model Problem Posing dan Question Student Have (QSH) peserta didik kelas IX di MTs Nurul Mubtadiin pada hasil penelitian. Pada uji hipotesis yang dilakukan dengan (Independent Sample T-Test) mendapat perolehan nilai signifikansi  yaitu menunjukkan angka . Kelas eksperimen 1 dan 2 ditemukan adanya perbedaan nilai rata-rata. Kelas eksperimen 1 memperoleh nilai rata-rata  sedangkan nilai rata-rata  diperoleh oleh kelas eksperimen 2. Sehingga dapat dikatakan, jika dibandingkan dengan model Question Student Have (QSH) model Problem Posing adalah model yang lebih baik.

References


Anifah, R. D., & Wahyudi, W. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Posing Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SD. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 8(1), 60. https://doi.org/10.25273/jems.v8i1.6089

Basuki, Agus Tri ., Yuliadi, I. (2014). Electronic data processing (p. 77). danisa media. https://doi.org/10.1080/00039896.1961.10663066

Fatunnisa, N. . (2019). Perbandingan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Creative Problem Solving dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Peserta Didik. Universitas Siliwangi Tasikmalaya.

Firdaus, A. M. (2018). Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Metode Question Student Have (QSH) Setting Kooperatif. MAJAMATH: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 01. https://doi.org/10.36815/majamath.v1i1.115

Harefa, D. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Pembelajaran Problem Posing Dan Problem Solving Pada Siswa Kelas X-MIA SMA Swasta Kampus Telukdalam. Sinasis, 1(1), 103–116.

Haura, F. (2019). Perbandingan Hasil Belajar Kognitif antara Siswa yang Menggunakan Model Pembelajaran Problem Posing dengan Model Pembelajaran Kooperatif. UNIVERSITAS NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH.

Nurdiansyah, E. (2019). Pengaruh model pembelajaran question student have dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas v sd al hijrah kota makassar. International Journal of Educational Research ALGAZALI, 1(2).

Nurdyansyah, & Toyiba, F. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Terhadap Hasil Belajar Madrasah Obtiaiyah. 929–930.

Nuryadi., Astuti, Tutut Dewi., Utami, Endang Sri., Budiantara, M. (2017). Dasar-Dasar Statistika Penelitian. Gramasurya. http://lppm.mercubuana-yogya.ac.id/wp-content/uploads/2017/05/Buku-Ajar_Dasar-Dasar-Statistik-Penelitian.pdf

Putra, I. K. S., Agustini, K., & Divayana, D. G. H. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Question Student Have Terhadap Hasil Belajar TIK Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Seririt. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 6(1), 248–255. https://doi.org/10.23887/karmapati.v6i1.9867

Surya, Y. F. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Gamestournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Hasil Belajarmatematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 003 Bangkinang Kota. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 154–163. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.41

Winarso, W., & Dewi, W. Y. (2017). Berpikir kritis siswa ditinjau dari gaya kognitif visualizer dan verbalizer dalam menyelesaikan masalah geometri. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 117–133. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i2.109




DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v7i2.2256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika)
ISSN: 2580-3263 (Online) | 2460-7800 (print)
Published by
Prodi Pendidikan Matematika
Universitas Bhinneka PGRI 

in collaboration with
the Indonesian Mathematical Society (IndoMS)

Website : https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jp2m/index
Email : jp2m@stkippgritulungagung.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.