Efektifitas Penggunaan Goole Classroom pada Mata Pelajaran Matematika di Tinjau dari Motivasi Belajar Siswa

Farida Kusumaningrum

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pembelajaran daring menggunakan google classroom terhadap motivasi belajar siswa selama pandemic covid-19 di kelas X TKR SMK Muhammadiya Semin. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil pengisian angket dan wawancara. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKR SMK Muhammadiyah Semin. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi data.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada tingkat motivasi belajar siswa masuk kedalam kategori sedang. Presentase motivasi belajar siswa masuk kedalam kategori sedang. Dengan presentase pada tiap indikatornya yaitu: Ketekunan dalam belajar (67,30%) termasuk kategori cukup. Ketekunan dalam mengerjakan tugas (60,57%) termasuk kategori cukup. Ulet dalam menghadapi kesulitan (75,96%) termasuk kategori cukup. Senang bekerja mandiri (70,19%) termasuk kategori cukup. Senang mencari dan memecahkan jawaban soal matematika (55,28%) termasuk kategori kurang baik. Adanya hasrat dan keinginan berhasil (71,47%) termasuk kategori cukup. Dapat mempertahankan keyakinannya (71,15%) termasuk kategori cukup. Menunjukkan minat (55,44%) termasuk kategori kurang baik. Adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar (67,30%) termasuk kategori cukup.

Guru diharapkan lebih meningkatkan kembali kekreativitasnya dalam pembelajaran daring agar siswa menjadi lebih tertarik dan juga berminat dalam mengikuti pembelajaran daring.

Kata Kunci: Efektifitas, Google Classroom, Motivasi belajar, Pembelajaran daring, Matematika




DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v7i2.2245

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika)
ISSN: 2580-3263 (Online) | 2460-7800 (print)
Published by
Prodi Pendidikan Matematika
Universitas Bhinneka PGRI 

in collaboration with
the Indonesian Mathematical Society (IndoMS)

Website : https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jp2m/index
Email : jp2m@stkippgritulungagung.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.