PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ADDIE DAN MEDIA MIND ORGANISER

R.A Rica Wijayanti


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v2i1.214

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan bantuan media mind organiser. Subyek pada penelitian ini adalah 37 siswa kelas XII SMA YASI Kab. Bangkalan pada tahun pelajaran 2015-2016. Materi matematika yang digunakan pada penelitian ini adalah materi barisan dan deret. Tahapan penelitian ini menggunakan 2 siklus. Setiap siklus ada 4 tahap sesuai dengan tahapan pada penelitian tindakan kelas yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi (pengamatan), dan refleksi. Hasil prestasi belajar siswa yang didapat dari penelitian ini yaitu pada pra penelitian sebesar 51, 08%, pada siklus 1 sebesar 65,54%, dan pada siklus 2 sebesar 78, 38%. Berdasarkan hasil tersebut, menunjukkan bahwa model pembelajaran ADDIE dengan bantuan media mind organiser dapat membantu seorang guru khususnya guru matematika untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.

Keywords


model pembelajaran ADDIE, media mind organiser, prestasi belajar siswa

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Amri, M. R. (2013). Strategi & Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Arikunto, S. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Dwiyogo, W. D. (2013). Media Pembelajaran. Malang: Wineka Media.

Jhonson, Estrella. 2013. “Teacher’s mathematical activity in quiry oriented instruction”. The Journal of Mathematical Behaviour hal. 761-775.

Marzano, R. P. (2001). Clasroom Instruction That Works: Research Based Strategies For Increasing Student Achievement. Alexandria: Association for Supervision and Curriculum Development.

Sharon E. Smoldino, D. L. (2012). Instructional Technology & Media For Learning. Jakarta: Kencana.

Suhendar, T. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.