Pengembangan LKS Digital Berbasis Android dengan Pendekatan Etnomatematika Candi Sanggarahan untuk Mengatasi Hambatan Belajar Siswa

Widya Krismon Sri Palupi, Maylita Hasyim, Nanda Fitri Nur Rohmah, Widia Nurhasanah, Nadella Neno Christian Dharu, Sugeng Romadhoni

Abstract


Era revolusi industri 4.0 mempengaruhi banyak aspek kehidupan, termasuk dunia pendidikan terutama pembelajaran matematika. Hal ini menjadi dasar perlunya inovasi pembelajaran matematika, yang mampu memadukan unsur matematika, teknologi dan budaya kedalam pembelajaran sehingga mampu meminimalisir adanya hambatan belajar bagi siswa. Salah satu upaya itu adalah mengembangkan LKS digital berbasis android dengan pendekatan Etnomatematika Candi Sanggrahan. LKS digital ini bernama “Etnow Legend” yang didesain lebih menarik, interaktif dan menantang karena soal latihan dikonsep seperti game petualangan yang bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar baru bagi siswa yang mampumemotivasi dan menstimulasi siswa dalam mengatasi kejenuhandan kesulitan dalam pembelajaran matematika.Desain penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari 5 (lima) tahapan, yaitu: (1) Invesitgasi Awal, (2) Desain, (3) Realisasi/ Konstruksi, (4) Tes, dan (5) Implementasi. Teknik pengumpulan data dilakukan secara blended methodyang menggabungkan antara metode offline (melalui observasi, tes, pengisian angket dan wawancara langsung di lapangan) dan metode online(melalui aplikasi Whatsapp, channel youtube dan google form). Hasil validasi produk oleh ahli materi dan ahli media menyatakan bahwa LKS Digital Etnow Legend dinyatakan valid dan layak untuk digunakandalam pembelajaran, sedangkan hasil uji kepraktisan kelompok kecil menyimpulkan media LKS Digital Etnow Legend layak untuk diujicobakan pada kelompok besar dengan tingkat kepraktisan “baik”. Hasil uji kepraktisan kelompok besar dapat diketahui bahwa media LKS digital Etnow Legend telah memenuhi kepraktisan “baik” sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran matematika.

Keywords


Enomathematics; Sanggrahan Temple; Etnow Legend; Digital LKS; Plomp Development Model

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v7i2.2139

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika)
ISSN: 2580-3263 (Online) | 2460-7800 (print)
Published by
Prodi Pendidikan Matematika
Universitas Bhinneka PGRI 

in collaboration with
the Indonesian Mathematical Society (IndoMS)

Website : https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jp2m/index
Email : jp2m@stkippgritulungagung.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.