Implementasi Video Pembelajaran terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring Kalkulus Integral
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Bakker, A., & Wagner, D. (2020). Pandemic : lessons for today and tomorrow ? Educational Studies in Mathematics, 104(1), 14. https://doi.org/10.1007/s10649-020-09946-3
Batubara, H. H., & Batubara, D. S. (2020). Penggunaan Video Tutorial Untuk Mendukung Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Virus Corona. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 21. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v5i2.2950
Choe, R. C., Scuric, Z., Eshkol, E., Cruser, S., Arndt, A., & Cox, R. (2019). Student Satisfaction and Learning Outcomes in Asynchronous Online Lecture Videos. CBELife Sciences Education, 18(4), 55. https://doi.org/10.1187/cbe.18-08-0171
Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. R. B. (2018). Research methods in education. Routledge.
Dewi, N. R., & Arini, F. Y. (2018). Uji Keterbacaan pada Pengembangan Buku Ajar Kalkulus Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Representasi Matematis. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(2018), 299303. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/ Uji
Dirgantoro, K. P. S. (2018). Kompetensi Guru Matematika Dalam Mengembangkan Kompetensi Matematis Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(2), 157166. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i2.p157-166
Haryati, F., & Wulan Sari, A. (2018). Pengaruh Pembelajaran Dengan Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kalkulus FKIP UMSU. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 10(1), 3549. https://doi.org/10.30596/intiqad.v10i1.1922
Hensberry, K. K., & Jacobbe, T. (2014). The effects of Polyas heuristic and diary writing on childrens problem solving. Mathematics Education Research Journal, 24(1), 5985. https://doi.org/10.1007/s13394-012-0034-7
Jamilah, & Septianawaty, D. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika pada Materi Kalkulus Integral. Saintek, 6(1), 5671. https://doi.org/10.31571/saintek.v6i1.487
Karenina, A., Widoretno, S., & Prayitno, B. A. (2020). Effectiveness of problem solving-based module to improve analytical thinking. Journal of Physics: Conference Series, 1511(1), 18. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1511/1/012093
Karimah, W. (2018). Penerapan Model Flipped Classroom Berbantuan Video Pembelajaran terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Delta, 6(2), 2532. https://doi.org/10.31941/delta.v6i2.913
Monariska, E. (2019). Analisis kesulitan belajar mahasiswa pada materi integral. Jurnal Analisa, 5(1), 919. https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4181
NCTM. (2000). Principle and Standards for School Mathematic. Reston, VA.
Novianti, D. E., Khoirotunnisa, A. U., & Indriani, A. (2017). Profil pemecahan masalah matematika dalam menyelesaikan permasalahan pemrograman linear ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(1), 5359. https://doi.org/10.25273/jipm.v6i1.1698
Partayasa, W., Suharta, I. G. P., & Suparta, I. N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah ditinjau dari Minat. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 168179. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2644
Polya, G. (2009). Mathematical discovery on understanding, learning, and teaching problem solving. New York, NY: Ishi Press.
Purbayanti, H. S., Ponoharjo, & Oktaviani, D. N. (2020). Analisis kebutuhan video pembelajaran matematika pada pandemi covid-19. JIPMat: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 165172. https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i2.6693
Qurohman, M. T. (2017a). Analisis Perangkat Pembelajaran Group Investigation Berbasis RME untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Kalkulus. 2nd Seminar Nasional IPTEK Terapan (SENIT), 156161.
Qurohman, M. T. (2017b). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Kalkulus Lanjut Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Co-Op Co-Op. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 11(1), 32. https://doi.org/10.24905/cakrawala.v11i1.664
Rahayu, L. D., & Kusuma, A. B. (2019). Peran Pendidikan Matematika Di Era Globalisasi. Prosiding Sendika, 5(1), 534541.
Retumban, J. D., Dancel, C. D. S., Tolentino, R. Q., Fernando, A. R. R., & Vahdanipour, C. M. (2019). An Empirical Study on the Impact of Pre-recorded Lectures on Students Performance in Integral Calculus. Proceedings of 2018 IEEE International Conference on Teaching, Assessment, and Learning for Engineering, TALE 2018, December, 128133. https://doi.org/10.1109/TALE.2018.8615360
Rittle-Johnson, B. (2017). Developing Mathematics Knowledge. Child Development Perspectives, 11(3), 184190. https://doi.org/10.1111/cdep.12229
Septian, A. (2017). Penerapan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Suryakancana. Prisma, 6(2), 180191. https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.212
Soesanto, R. H., & Dirgantoro, K. P. S. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa pada Kalkulus Integral Dilihat dari Keyakinan dan Pengetahuan Awal Matematis. Jurnal Elemen, 7(1), 117129. https://doi.org/10.29408/jel.v7i1.2899
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmaningthias, N., & Hadi, A. R. (2016). Improve Analytical Thinking Skill and Mathematical Representation of The Students Through Math Problem Solving. Proceeding of 3Rd International Conference on Research, May, 449454.
Susilowati, R. D., Sutama, & Faiziyah, N. (2020). Penerapan Podcast pada Aplikasi Spotify Sebagai Media Pembelajaran Matematika di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 4(1), 6878. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v4n1.p68-78
Susiyanti, E., & Nugraheni, N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Daring Dengan Bantuan Video Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya, 1530.
Waluyo, E., Supiyati, S., & Halqi, M. (2020). Mengembangkan Perangkat Pembelajaran Kalkulus Integral Berbasis Model Pengajuan dan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Jurnal Elemen, 6(2), 357366. https://doi.org/10.29408/jel.v6i2.2334