EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL RESIPROCAL TEACHING

Rachmaniah Mirza Anastasia


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v2i1.212

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tujuan untuk
mengetahui efektivitas pembelajaran matematika dengan model resiprocal
teaching di MTs Darun Najah Banyuwangi. Penelitian dilakukan dengan
mengambil sampel siswa kelas VIIIC semester genap tahun pelajaran 2014-2015
sebanyak 23 siswa. Pokok Bahasan Bangun Ruang merupakan materi yang telah
diterima siswa di Sekolah Dasar, untuk itu digunakan data pre-tes x dan data
post-tes y yang di uji dengan menggunakan uji  t . Pengumpulan data
dilakukan dengan metode tes dan observasi. Sehingga pembelajaran matematika
dengan model resiprocal teaching dikatakan efektif jika hasil belajar siswa
meningkat minimal 30 poin, dengan kriteria penolakan 0 H adalah jika
   1,717 hitung tabel t t . Dari hasil analisis data diperoleh
 1,017    1,717 hitung tabel t t , akibatnya 0 H diterima. Sehingga model
pembelajaran resiprocal teaching efektif digunakan dalam pembelajaran
matematika. Adapun hasil observasi menunjukkan bahwa faktor-faktor keaktifan
yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa antara lain: aktivitas membuat
rangkuman, menyimpulkan materi dan mengerjakan tes. Sedangkan faktor-faktor
yang lain belum banyak berpengaruh dalam peningkatan hasil belajar siswa.

Keywords


efektivitas, pembelajaran, matematika, Resiprocal teaching

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Adi, D.K. 2001. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Universitas Yogyakarta

Azis, (2007). Metode Penelitian Keperawatan Dan Tehnik Analisis Data. Jakarta : Salemba Medika

Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Jalil, J. 2014. Panduan Mudah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Nur, M. 2004. Strategi-strategi Belajar. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah Universitas Negeri Surabaya.

Nurhadi dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) & Penerapannya dalam KBK. Malang : UM Press.

Riyanto, Y. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Soetopo, H. 2005. Pendidikan dan Pembelajaran; Teori, Permasalahan dan Praktik. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Trianto. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.