PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DENGAN PEMANFAATAN MACROMEDIA FLASH

Nonik Indrawatiningsih


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v2i1.211

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada sub bab Pengukuran Sudut melalui model pembelajaran Scramble dengan pemanfaatan Macromedia Flash 8.0 pada siswa kelas VB SD Muhammadiyah 9 Malang. Penelitian ini mengikuti desain penelitian tindakan kelas. Data pada penelitian ini berupa data hasil belajar siswa sebelum pelaksanaan tindakan, data hasil evaluasi disetiap siklus, dan data hasil belajar siswa setelah pelaksanaan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran Scramble dengan pemanfaatan Macromedia Flash 8.0. Peningkatan tersebut sebesar 7,41%, dengan rata-rata nilai 85,75. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa Kelas VB SD Muhammadiyah 9 Malang pada sub bab pengukuran sudut mengalami peningkatan setelah menerapkan model pembelajaran Scramble dengan pemanfaatan Macromedia Flash 8.0.

Keywords


pembelajaran pengukuran sudut, model pembelajaran scramble dengan pemanfaatan macromedia flash 8.0

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Arikunto, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Hardjasujana, A.S dan Yeti, Mulyati. (2007). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung : Remaja Rosdakarya

Maskur, Muhammad dan Abdul Halim Fatoni, 2008. Mathematical Intelegence, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Muchith, Saikhan. 2008. Pembelajaran Kontekstual. Semarang:RaSail Media Group.

Nana S, Sukmadinata. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sagala, Syaiful. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Setyono. 2006. Mathemagics. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto. 2007. Penyusunan Silabus dan RPP Berbasis Visi KTSP. Surabaya: Matapena.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktik. Surabaya: Prestasi Pustaka Publisher.

Wihardjo, Edy. ( 2007). Pembelajaran Berbantuan Komputer. Jember: Universitas Jember.