PENDEKATAN PEMBELAJARAN METAKOGNITIF DENGAN MEDIA FLASH SWISHMAX PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP

Isna Farahsanti
Annisa Prima Exacta


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v2i2.205

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pendekatan pembelajaran metakognitif dengan media flash swishmax terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2015/ 2016, sedangkan kelas sampel adalah VIII I dan VIII B. Dari hasil penelitian mengindikasikan bahwa pada kelas dengan pendekatan pembelajaran metakognitif terlihat lebih hidup dibandingkan dengan pendekatan pembelajaran konvensional, karena siswa diharuskan selalu aktif dan berinteraksi dengan teman untuk memecahkan masalah yang diberikan. Selain itu penggunaan media flash swishmax untuk menyampaikan materi membuat siswa terlihat lebih antusias dan tertarik. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan metakognitif dengan media flash swishmax memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada pembelajaran konvensional.

Keywords


metakognitif, media flash swishmax, prestasi belajar

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Budiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Chrissanti, M.I.& Widjajanti, D,B. 2015. Keefektifan Pendekatan Metakognitif Ditinjau Dari Prestasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis,Dan Minat Belajar Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Volume 2 –Nomor 1, Mei 2015, (51 -62)

Inayati, I., Subroto, T,,&Supardi, K.I.. 2012. Pembelajaran Visualisasi, Auditori, Kinestetik Menggunakan Media Swishmax Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit.Chemistry in Education 2 (1)(2012)

Munir. 2012. Multimedia Konsep Dan Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Özsoy, G.&Ataman, A. 2009.The effect of metacognitive strategy training on mathematical problem solving achievement.International Electronic Journal of Elementary Education Vol.1, Issue 2, March, 2009.

Schunk, D. H. 2012. Learning theories: an educational perspective, sixth edition. Pearson Education, Inc

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Wulandari, A.A., & Afghohani, A. 2015. Penggunaan Flash SwishmaxSebagai MediaPembelajaran Statistika Matematika I. Magistra No. 94 Th. XXVII Desember 2015 ISSN 0215-9511