RESPONS MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATA KULIAH STATISTIKA

Dwi Shinta Rahayu


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/jp2m.v2i2.202

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui respons mahasiswa terhadap pembelajaran berbasis penilaian proyek pada mata kuliah statistika dan (2) mengetahui kendala-kendala yang dihadapi mahasiswa dalam proses pembelajaran berbasis penilaian proyek pada mata kulaih statistika. Penelitian kuantitatif deskripstif ini dilakukan dengan metode angket dan wawancara dengan subjek 30 mahasiswa Semester IV Prodi Pendidikan teknologi Informatika STKIP PGRI Tulungagung tahun ajaran 2015/2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memberikan respons positif terhadap pembelajaran berbasis proyek pada mata kuliah statistika. Adapun kendala-kendala yang dihadapi antara lain karena masih belum familiarnya mahasiswa dengan penerapan pembelajaran berbasis proyek dan kurangnya beberapa pengetahuan yang terkait

Keywords


pembelajaran berbasis proyek, statistika

Full Text:

PDF

References


Gal, I. dan Garfield, J. B. (editors). 1997. The Assessment Challenge in Statistics Education. Aucland: International Statistical Institute.

Haryati, Mimin. 2007. Model dan Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Gaung Persada

Johnson, David W., dan Johnson, Roger T. 2002. Meaningful Assessment: A Manageable and Cooperative Process. Boston: Allyn and Bacon

Karmawati. 2015. Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving dalam Meningkatkan Hasil Belajar Statistika Mahasiswa pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Iain Palu. ISTIQRA, Jurnal Penelitian Ilmiah, Vol. 3 No. 1 Juni 2015.

Kulsum, Umi. 2011. Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis PAIKEM (Sebuah Paradigma Baru Pendidikan di Indonesia). Surabaya: Pena Pratama Pustaka

Leibman. 2013. Integrating Real-Life Data Anaysis in Teaching Descriptive Statistic: A Constructivist Approach. Journal of Statistic Education. 18, (1). (www.amstat.org/publications/jse/v18n1/libman 2010),hal.15. diakses pada tanggal 13 Maret 2014

Masriyah dan Rahaju, Endah Budi. 2004. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka

Ott, Jack. 1994. Alternative Assessment in the Mathematics Classroom. New York: Mac Graw Hill

Scott, John. 2003. Authentic Assessment Tools. Educational Resource Information Center (Online). (http://www.calpro-online.org/eric) diunduh 9 Oktober 2011

Susetyo, Budi. 2009. Penilaian Hasil Belajar. Makalah. Disampaikan dalam kegiatan Three Days National Training â€Desain RPP dan Analisis Butir Soal†Tanggal 12 – 14 April 2009 diselenggrakan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Sentral Edukasia Kota Banjar

Wiyarsi, Antuni dan Priyambodo, Erfan.2011. Efektivitas Penerapan Penilaian Proyek (Project Based Assessment) pada Pembelajaran Kimia terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Ketuntasan Belajar Kimia Siswa SMA di Sleman.Prosiding Seminar Nasional Kimia Unesa 2011 di Surabaya, 19 Februari 2011

Zhong, Shi Ning. 2011. Understanding Statistics and Statistiscs Education:A Chi-Nese Persective, Journal of Statistic Education, (On-Line), 17 (3), (1– 8),(www.amstrat.org/publications/jse/V18n1/libman.Pdf) diakses pada tanggal 11 Febrari 2014


Article Metrics :

Abstract view : 441 times
PDF View : 505 times