IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN MINAT BELAJAR MAHASISWA

Annisa Prima Exacta
Isna Farahsanti


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v2i2.201

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan minat belajar matematika dengan implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata kuliah kalkulus lanjut. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester IV kelas C program studi pendidikan matematika FKIP Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo Tahun Akademik 2015/2016 yang terdiri dari 33 mahasiswa. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes, dan dokumentasi.Teknik analisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif. Validasi data dari minat belajar mahasiswa dan proses pembelajaran dengan menggunakan teknik triangulasi sumber. Berdasarkan analisis data pada siklus I dan siklus II terdapat peningkatan minat sebesar 21,05% dan pemahaman sebesar11,11%. Kesimpulannya adalah implementasi model pembelajaran NHT dapat meningkatkan minat belajar dan pemahaman mahasiswa.

Keywords


pemahaman, minat belajar, Numbered Heads Together

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Denbel, D.G. 2014. Students’ Misconceptions of the Limit Concept in a First CalculusCourse. Journal of Education and Practice. Vol.5, No.34, 24-40.http://www.iiste.org/Journals/index.php/JEP/article/view/17236/17685

Djamarah, SB & Zain, A. 2006.Strategi Belajar Mengajar Konsep dan Makna Pembelajaran.Jakarta: Rineka Cipta. Goolamally, N.T & Ahmad, J. 2010. Limited English Proficiency Students and Misconceptions in Mathematics: a Case Study. EDUCARE: International Journal for Educational Studies, 3(1), 69-84. http://educare-ijes.com/limited-english-proficiency-students-and-

Hamalik. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Idris, N. 2009. ”Enhancing Student’s Understanding in Calculus Trough Writing”. International Electronic Journal of Mathematics Education, volume 4, number 1.

Kaosa-ard, C., Erawan, W., Damrongpanit, S. & Suksawang, P. 2015. How to classifythe diversity of seventh grade students’mathematical process skills: An application of latentprofile analysis. Academic Journal: Educational Research andReviews. Vol. 10(11), 1560-1568. http://www.academicjournals.org/journal/ERR/article-full-text-pdf/BD4082153383

Lie, A. 2005. Cooperative Learning-Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas.Jakarta:Grasindo

Maheady, L., Michielli-pendl,J., Mallete,B. & harper,G.F. 2006. The effects of Numbered Heads Together with and without an incentive package on the science test performance of a diverse group of sixth grades, journal of behavioral education, 15 (1), 25-39.

Suhartini, D. (2001). Minat Siswa Terhadap Topik-topil Mata Pelajaran Sejarah dan Beberapa Faktor yang Melatarbelakanginya: Studi Deskriptif Terhadap Siswa Sekolah Menengah Umum Negeri di Kota Bogor. (Tesis). Magister Pendidikan Ilmu Sosial –UPI.

Trianto.(2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif berorientasi Konstruktivistik. Surabaya: Pretasi Pustaka Publisher.