PENERAPAN STRATEGI METAKOGNITIF PADA MATA KULIAH KAJIAN MATEMATIKA SD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PGSD
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Blakey, Elaine & Spence, Sheila. 1990. Developing Metacognition. (online). (http://amazon.com/xc/obidos/redirect.tag). Diakses 1 Juni 2014.
Darling, Linda. 2003. The Learning Classroom: Theory Into Practice. Burlington: Stanford University.
Depdiknas. 2004. Standart isi Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.
Dawson, Theo L. 2008. Metacognition and learning in adulthood. Northampton: Developmental Testing Service.
Maulana. 2008. Alternatif Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD. Tesis tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rahman, Saemah, dkk. 2011. Student Learning Style and Preferences for the Promotion of Metacognitive Development Activities in Science Class. World Applied Sciences Journal (Special Issue of Innovation and Pedagogy for Diverse Learners). 14 (1): 12.
Risnanosanti. 2008. Melatih Kemampuan Metakognitif Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY. ISSN 978-979-16353-1-8.
Sudiarta, I Gusti Putu. 2007. Penerapan Strategi Pembelajaran Berorientasi Pemecahan Masalah dengan Pendekatan Metakognitif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Matakuliah Statistika Matematik I Tahun 2006/2007. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran UNDIKSHA, XXXX (3): 590.
Sumarno, Joko. 2007. Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Pembelajaran dengan Strategi Metakognitif. Widyatama. 4 (4): 47.
Sumarno, Joko. 2007. Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Pembelajaran dengan Strategi Metakognitif. Widyatama. 4 (4): 47.
Ureña, Guillermo Santiago Sandí. 2008. Design and Validation of A Multimethod Assessment of Metacognition and Study of The Effectiveness of Metacognitive Interventions. Disertasi. New York: Clemson University.