PENGARUH GAYA BELAJAR, INTERAKSI TEMAN SEBAYA, DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

bhekti cahyo suminar


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v4i1.1784

Abstract


Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Trenggalek tepatnya di Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek. Batas-batas wilayahnya yaitu sebelah utara SMP Negeri 5 Trenggalek, sebelah timur persawahan dan sebelah selatan dan sebelah barat adalah perkampungan warga. Berdasarkan hasil analisi regresi linear sederhana terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa dengan persamaan ?? = 71,9706 + 0,6338?1 dan koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,37 yang artinya 37% hasil belajar dipengaruhi oleh gaya belajar. Pengaruh interaksi teman sebaya dengan persamaan ?? = 1,81331 + 0,74628?2 dan koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,47 yang artinya 47%. Pengaruh lingkungan belajar dengan persamaan ?? = ?4,6350152 + 0,8587?3 dan koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,427 yang artinya 43%. Berdasarkan hasil analisis regresi liniear berganda, terdapat pengaruh signifikan antara gaya belajar, interaksi teman sebaya, dan lingkungan belajar secara simultan terhadap hasil belajar matematika siswa dengan persamaan ?? = ?0,5366 + 0,250?1 + 0,347?2 + 0,221?3 dan koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,953 yang artinya 95% dari hasil belajar matematika siswa dipengaruhi oleh gaya belajar, interaksi teman sebaya, dan lingkungan belajar.

Keywords


Gaya Belajar, Hasil Belajar, Interaksi, Lingkungan

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Ali, Mohammad & Asrori, M. (2012). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik (cet. 8). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Farid, Muhammad, M. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar, Gaya Belajar, dan Lingkungan Belajar Pada Hasil Belajar Ekonomi di SMA Negeri 1 Wringinamon Gresik. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, (2), 143 155.

Fathurrohman, M. (2012). Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.

Gufront, Nur. M. & Risnawita, S, R. (2013). Gaya Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Julianty, R. (2017). Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Pengolahan dan Penyajian Makanan Indonesia Pada Siswa SMK. Jurnal Skripsi.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Marwan, D. (2013). Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran IPS di SMK. Artikel Penelitian 2013.

Musfiqon. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.

Nasution. (2011). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Putu Arnyana I.B dkk. (2014). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Interaksi Teman Sebaya dan Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Mengwi. E-Jurnal Mitra PendidikanJurnal Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 4.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.