PENGARUH SELF EFFICACY DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Niken Wahyuningtyas
Lela Febrianingsih


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v4i1.1777

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self efficacy dan motivasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 2 Sumbergempol. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket self efficacy dan angket motivasi, serta untuk perolehan data hasil belajar matematika diperoleh melalui dokumen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui penyebaran angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial (regresi linear sederhana dan regresi beranda). Hasil analisis berdasarkan uji F secara simultan diperoleh kesimpulan bahwa tidak ada pengaruh antara self efficacy dan motivasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 2 Sumbergempol. Self efficacy secara parsial tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa, demikian juga motivasi terhadap hasil belajar matematika siswa tidak mempunyai pengaruh yang signifikan. Hasil penelitian ini tidak mempunyai pengaruh terhadap variabel terikatnya yang berarti dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.


Keywords


belajar matematika; motivasi; self efficacy

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Abdul Halim Fathani dan Moch Masykur. 2008. Mathematical Intelligence Cara Cerdas Melatih Otak dan Menanggulangi Kesulitan Belajar. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Aisyah, Siti, dkk. 2007. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Latief Sahidin dan Dini Jamil, Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Persepsi Siswa Tentang Cara Guru Mengajar terhadap hasil Belajar Matematika, (Universitas Halu Oleo: Jurnal Pendidikan Matematika, 2013), Volume 4, Nomor 2, http://118.97.35.230/lemlit/jtt/243.pdf

M. Nur Ghufron dan Rini Risnawita S, Teori-Teori Psikologi, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2014), h. 73.

Made Pidarta, Landasan Pendidikan, (Jakarta: PT Rineka Cipta), h. 38.

Moch. Masykur dan Abdul Halim, Mathematical Intellegence: Cara Cerdas Melatih Otak dan Menanggulangi Kesulitan Belajar, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2008), h. 52

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Pelajar.

St. Rahmah Sami Ahmad, Pengaruh Math Phobia, Self-Efficacy, Adversity Qoutient dan Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP, (Universitas Negeri Yogyakarta: Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Volume 3, Nomor 2, 2016), h. 260 diakses dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/6138

Syukrul Hamdi dan Agus Maman Abadi, Pengaruh Motivasi, Self-Efficacy Dan Latar Belakang Pendidikan Terhadap Prestasi Matematika Mahasiswa PGSD STKIP-H Dan PGMI IAIH. 2014. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, Vol. 1 No. 1