ANALISIS TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN OPEN ENDED PROBLEM
Abstract
Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah penelitian diskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan berpikir kreatif (TKBK) siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Getasan pada materi bangun datar segi empat. Pengambilan subjek penelitian ini menggunakan purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini meliputi 6 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Getasan yang diambil berdasarkan hasil ulangan harian dengan dipilih 2 siswa dengan nilai yang tinggi, 2 siswa dengan nilai yang sedang dan 2 siswa dengan nilai yang rendah. Penelitian dilakukan dengan cara observasi, tes dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data dari 6 subjek yang diteliti dapat disimpulkan bahwa: (1)subjek yang memiliki kemampuan tinggi belum tentu menunjukkan bahwa dia kreatif; (2)2 subjek yang memiliki kemampuan sedang menunjukkan bahwa tingkat kemampuan berpikir kreatif mereka berbeda; (3) 2 subjek yang memiliki kemampuan rendah menunjukkan bahwa keduanya tidak kreatif.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Asih, Tabita S. 2015. Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Segi Empat Siswa Kelas VII H SMP Negeri 2 Klaten. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.
Chasanah, Fitrotul. 2009. Proses Berpikir Kreatif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Terbuka (Open Ended) di Kelas VIII SMP Negeri 35 Surabaya. Surabaya: IAIN Sunan Ampel.
Pratiwi, Rizkia D. 2009. Indentifikasi Proses Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pemecahan Masalah Open Ended Creative Problem Solving (CPS). Surabaya: UNESA.
Putri, V. S. P. 2013. Identifikasi Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif (TKBK) Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended pada Materi Segi Empat di Kelas VIII SMP. Jurnal(Online).Tersedia:http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/2708/baca-artikel
Ristiani. 2014. Identifikasi tingkat Berfikir Kreatif Siswa Kelas V SDN Tegalrejo 02 Salatiga dalam Memecahkan Masalah Matematika dengan Tipe Soal Open Ended. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana
Santoso, Heralius R W. 2015. Deskripsi Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif (TKBK)pada Materi Segi Empat Siswa Kelas VI SMP Negeri 1 Pabelan Kabupaten Semarang. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.
Siswono, Tatag Y E. 2006. Implementasi Teori Tentang Tingkat Berpikir Kreatif dalam Matematika. Jurnal (Online). Tersedia: https://tatagyes.files.wordpress.com/2007/10/tatag_jurnal_unej.pdf
Siswono, Tatag Y E. 2007. Desain Tugas untuk Mengidentifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika. Jurnal (Online). Tersedia: https://tatagyes.files.wordpress.com/2007/10/tatag_jurnal_unej.pdf
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.