PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING PADA MATERI PELUANG SISWA KELAS IX
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan perangkat brain based learning yang berkualitas baik pada materi peluang siswa kelas IX (2) Mendeskripsikan keefektifan brain based learning pada pembelajaran materi peluang siswa kelas IX. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model Pengembangan perangkat pada penelitian ini menggunakan model pengembangan Thiagarajan 4 D model yang terdiri atas tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate), untuk tahap penyebaran yang dilakukan adalah tahap penyebaran terbatas. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan berupa: (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (2) Lembar Kerja Siswa (LKS), (3) Tes Hasil Belajar (THB). Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) perangkat pembelajaran yang dihasilkan berkualitas baik, 2) Pembelajaran brain based learning efektif digunakan untuk mengajarkan materi Peluang.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Akyurek, Erkan, Afacan, Ozlem. (2013). Effects of Brain Based Learning Approach on Students Motivation and Attitudes Levels in Science Class. Mevlana International Journal of Education (MIJE), Vol 3 No 1,pp 104-119
Gunawan, Adi W. (2006). Genius Learning Strategy. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Jensen, Eric, (2008). Brain Based Learning: The New Science of Teaching & Training. California, USA: SAGE Publication
Khabibah, Siti. (2006). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika dengan Soal Terbuka untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. (Disertasi tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Surabaya
Sukriyah, Dewi. (2013). Pembelajaran Matematika Dengan Brain Based Learning Untuk Materi Relasi Dan Fungsi Kelas VIII SMP (Tesis magister pendidikan tidak dipulikasikan). Universitas Negeri Surabaya
Nieveen, N. (1999). Prototyping to Research Product Quality from Design Approaches And Tools In Education And Training. Nederlands : Kluwer Academy Publisher
NCTM. (2000). Principle and Standarts for School Mathematics. Reston, Virginia: The National Council of Teacher of Mathematics, Inc
Ratumanan,Tanwey G dan Laurens,Theresia. (2011). Penilaian Hasil Belajar pada Tingkat Satuan Pendidikan. Unesa University Press
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik.
Thiagarajan, S, Semmel D S, Semmel M I. 1974. Instructional Defelopment For Training Teachers Of Exceptional Children. Indiana University Breemington. Indiana1996 Year Book. National Council Of Teachers Mathematics
Uno, Hamzah & Satria.k. (2012). Assessment Pembelajaran. Jakarata: PT Bumi Aksara