IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENDIDIKAN DI PAUD IT YAYASAN NURUL AMALIAH BALIKPAPAN

Prita Indriawati


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v3i2.1771

Abstract


Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitian deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pengorganisasian; pengarahan, dan pengendalian manajemen pendidikan di PAUD IT Yayasan Nurul Amaliah Balikpapan. Sumber data dalam penelitian ialah menggunakan purposive sample yaitu orang-orang yang peneliti anggap dapat memberikan informasi mendalam mengenai Manajemen Pendidikan di TK PAUD IT Yayasan Nurul Amaliah Balikpapan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: (1) Teknik Observasi, (2) Teknik Wawancara, dan (3) Dokumentasi. Sedangkan keabsahan data dalam sebuah penelitian kualitatif sangatpenting. Ada empat kriteria yang digunakan dalam menetapkan keabsahan data yaitu terdiri dari derajat kepercayaan (credibility), (2) keteralihan (transferability) dan (3) kebergantungan (dependability), dan (4) kepastian (confirmability). Hasil penelitian tentang Implementasi Manajemen Pendidikan di PAUD IT Yayasan Nurul Amaliah Balikpapan dapat disimpulkan bahwa perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian manajemen pendidikan yang dilakukan guru dan kepala sekolah di PAUD IT Yayasan Nurul Amaliah Balikpapan telah berjalan dengan baik sesuai dengan fungsi manajemen pendidikan.


Keywords


manajemen pendidikan, PAUD

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Bustami. (2012) Manajemen Pendidikan PAUD AL-Fath Sabang. Diambil dari:http://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/article/view file/1668/1437

Daryanto & Farid, (2013). Konsep Dasar Manajemen Pendidikan di Sekolah

Yogyakarta: Gava Media

Hapidin,dkk. (2013) Manajemen Pendidikan TK. Banten:Universitas Terbuka

Mohamad M, (2014) ManajemenPendidikan . Jakarta: PT. Rajawali Pers.

Moleong, L. J. (2014) Metode Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mukhtar. (2013) Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Referensi Gaung Persada Press Group.

Masyhud S. (2014) Manajemen Profesi Kependidikan Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta

Sagala, S. (2013) Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Bandung: Alfabeta.

Sholihah (2014). Manajemen Sarana dan Prasarana di TK Aisyiyah Bustanul Atfal Takeharjo Solokuro Lamongan. Diambil dari: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi

Sofiyati (2012). Implementasi Prinsip- Prinsip Manajemen Pendidikan Islam dalam Manajemen Persekolahan. Diambil dari:

http://ejournal.upi.edu/.../01_implementasi_prinsip- prinsip_Manajemen

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional Indonesia

Usman (2011). Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara