IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENDIDIKAN DI PAUD IT YAYASAN NURUL AMALIAH BALIKPAPAN
Abstract
Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitian deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pengorganisasian; pengarahan, dan pengendalian manajemen pendidikan di PAUD IT Yayasan Nurul Amaliah Balikpapan. Sumber data dalam penelitian ialah menggunakan purposive sample yaitu orang-orang yang peneliti anggap dapat memberikan informasi mendalam mengenai Manajemen Pendidikan di TK PAUD IT Yayasan Nurul Amaliah Balikpapan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: (1) Teknik Observasi, (2) Teknik Wawancara, dan (3) Dokumentasi. Sedangkan keabsahan data dalam sebuah penelitian kualitatif sangatpenting. Ada empat kriteria yang digunakan dalam menetapkan keabsahan data yaitu terdiri dari derajat kepercayaan (credibility), (2) keteralihan (transferability) dan (3) kebergantungan (dependability), dan (4) kepastian (confirmability). Hasil penelitian tentang Implementasi Manajemen Pendidikan di PAUD IT Yayasan Nurul Amaliah Balikpapan dapat disimpulkan bahwa perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian manajemen pendidikan yang dilakukan guru dan kepala sekolah di PAUD IT Yayasan Nurul Amaliah Balikpapan telah berjalan dengan baik sesuai dengan fungsi manajemen pendidikan.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Bustami. (2012) Manajemen Pendidikan PAUD AL-Fath Sabang. Diambil dari:http://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/article/view file/1668/1437
Daryanto & Farid, (2013). Konsep Dasar Manajemen Pendidikan di Sekolah
Yogyakarta: Gava Media
Hapidin,dkk. (2013) Manajemen Pendidikan TK. Banten:Universitas Terbuka
Mohamad M, (2014) ManajemenPendidikan . Jakarta: PT. Rajawali Pers.
Moleong, L. J. (2014) Metode Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mukhtar. (2013) Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Referensi Gaung Persada Press Group.
Masyhud S. (2014) Manajemen Profesi Kependidikan Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta
Sagala, S. (2013) Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Bandung: Alfabeta.
Sholihah (2014). Manajemen Sarana dan Prasarana di TK Aisyiyah Bustanul Atfal Takeharjo Solokuro Lamongan. Diambil dari: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi
Sofiyati (2012). Implementasi Prinsip- Prinsip Manajemen Pendidikan Islam dalam Manajemen Persekolahan. Diambil dari:
http://ejournal.upi.edu/.../01_implementasi_prinsip- prinsip_Manajemen
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional Indonesia
Usman (2011). Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara