PENERAPAN POWER TEACHING DENGAN TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji : (1) Mengetahui bagaimana penerapan metodepower teaching dengan teknik mind mapping pada pembelajaran matematika siswa kelas VII pada materi himpunan,(2) Mengetahui pengaruh penereapan metode power teaching dengan teknik mind mapping terhadap motivasi siswa kelas VII,(3) Mengetahui pengaruh metode power teaching dengan teknik mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas VII. Dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Karangrejo, sampel terdiri dari kelas VII-A dan kelas VII-B. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Metode pengumpulan data melalui tes dan angket. Teknik analisis yang digunakan adalah Sample T-Test. Data hasil t-test untuk hipotesis pertama yaitu sig < 0,05 dengan nilai signifikan 0,024. Artinya ada pengaruh penereapan metode power teaching dengan teknik mind mapping terhadap motivasi siswa kelas VII. Untuk hasil uji hipotesis kedua yaitu sig < 0,05 dengan nilai signifikan 0,000. Artinya ada pengaruh metode power teaching dengan teknik mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas VII. Luaran dalam penelitian ini adalah artikel yang diharapkan dapat menjadi jurnal ilmiah sebagai referensi dalam pengembangan metodepembelajaran matematika
Keywords
power teaching; mind mapping; hasil belajar; motivasi
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Buzan, T.2007. Buku Pintar Mind Map. Jakarta : Gramedia
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hidayat, F. dan Kusmanto, H. 2016. Pengaruh Metode Mind Mapping dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa(Studi Eksperimen Di Kelas X MAN Cirebon 1). EduMa 5(1): 36 46.
Kasan, Tholib. 2009. Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Studia Press.
Nursulistiyo, E. 2014.Kajian Metode Power Teaching sebagai Alternatif Metode Pembelajaran Sains di Kelas. JRKPF UAD. 1(1): 5 10.
Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta