PENERAPAN POWER TEACHING DENGAN TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA

Siti Aufa Riziani
Nur Aeni
Coraima Vonyta May Saputri
Suindayati Suindayati


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/jp2m.v3i2.1770

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji : (1) Mengetahui bagaimana penerapan metodepower teaching dengan teknik mind mapping pada pembelajaran matematika siswa kelas VII pada materi himpunan,(2) Mengetahui pengaruh penereapan metode power teaching dengan teknik mind mapping terhadap motivasi siswa kelas VII,(3) Mengetahui pengaruh metode power teaching dengan teknik mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas VII. Dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Karangrejo, sampel terdiri dari kelas VII-A dan kelas VII-B. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Metode pengumpulan data melalui tes dan angket. Teknik analisis yang digunakan adalah Sample T-Test. Data hasil t-test untuk hipotesis pertama yaitu sig < 0,05 dengan nilai signifikan 0,024. Artinya ada pengaruh penereapan metode power teaching dengan teknik mind mapping terhadap motivasi siswa kelas VII. Untuk hasil uji hipotesis kedua yaitu sig < 0,05 dengan nilai signifikan 0,000. Artinya ada pengaruh metode power teaching dengan teknik mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas VII. Luaran dalam penelitian ini adalah artikel yang diharapkan dapat menjadi jurnal ilmiah sebagai referensi dalam pengembangan metodepembelajaran matematika

Keywords


power teaching; mind mapping; hasil belajar; motivasi

Full Text:

PDF

References


Buzan, T.2007. Buku Pintar Mind Map. Jakarta : Gramedia

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hidayat, F. dan Kusmanto, H. 2016. Pengaruh Metode Mind Mapping dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa(Studi Eksperimen Di Kelas X MAN Cirebon 1). EduMa 5(1): 36 – 46.

Kasan, Tholib. 2009. Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Studia Press.

Nursulistiyo, E. 2014.Kajian Metode Power Teaching sebagai Alternatif Metode Pembelajaran Sains di Kelas. JRKPF UAD. 1(1): 5 – 10.

Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta


Article Metrics :

Abstract view : 55 times
PDF View : 19 times