Komparasi model pembelajaran TAI dan TGT terhadap motivasi dan hasil belajar

Riska Vristyaningtyas
Dwi Shinta Rahayu


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/jp2m.v5i2.1755

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah motivasi dan hasil belajar siswa yang diberi model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik dari pada siswa yang diberi model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada materi garis singgung lingkaran di SMPN 1 Ngantru. Hal ini dibuktikan melalui analisis data menggunakan  Independent-samples T-Test dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan analisis data mengenai hasil belajar diperoleh P-value / Asymp sig. sebesar 0,002 sehingga hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa yang diberi model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik dari pada siswa yang diberi model pembelajaran kooperatif tipe TAI. Selain itu, analisis data mengenai motivasi belajar  memperoleh nilai P-value / Asymp sig. sebesar 0,031, sehingga motivasi belajar siswa yang diberi model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik dari pada siswa yang diberi model pembelajaran kooperatif tipe TAI

Keywords


hasil belajar; motivasi; TAI; TGT

Full Text:

PDF

References


Arigbabu, & Awofala. (2013). Effects Of Framing And Team Assisted Individualised Instructional Strategies On Senior Secondary School Students’ Attitudes Toward. 6(1), 1–22.

Fathurrohman, M. (n.d.). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta, 2015.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Mudjiono, & Dimyanti. (2010). Belajar dan Pembelajaran, 4th ed. Jakarta: Rineka Cipta.

Salam, D. (2015). Effects of using Teams Games Tournaments ( TGT ) Cooperative Technique for Learning Mathematics in Secondary Schools of Bangladesh. 3(3).

Sardiman, A. . (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar, 1st ed. Jakarta: Rajawali Press.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikum 2013, 1st ed. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Slavin, R. . (2010). Cooperative Learning : Teori, Riset dan Praktik, VIII. Bandung: Nusa Media.

Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, 15th ed. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, 13th ed. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics :

Abstract view : 50 times
PDF View : 35 times