Contextual teaching and learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi aritmatika sosial

Hasma Aulia
Zahra Chairani
Winda Agustina


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v5i2.1753

Abstract


Berdasarkan hasil observasi di kelas VII MTsN 11 Tabalong diperoleh informasi bahwa hasil belajar siswa sebelumnya pada materi Aritmatika Sosial belum sesuai harapan. Terdapat 40% siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 70 dengan rata-rata 60,34. Tujuan penelitian mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas VII MTsN 11 Tabalong dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri atas dua siklus, setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rata-rata dan persentasi. Hasil penelitian menunjukkan pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII pada materi Aritmatika Sosial dari sebelum tindakan 40% siswa yang tuntas menjadi 75,87% pada siklus I dan 89,66% pada siklus II

Keywords


Contextual Teaching and Learning; Hasil Belajar; Matematika

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Amir, F. M. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan: Peningkatan Kualitas Peseta Didik Melalui Implementasi Pembelajaran Abad 21, 3442.

Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Fajri, Nurul; Hajidin; Ikhsan, M. (2013). Peningkatan Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematis Siswa dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA, 6(2), 149161.

Iskandar. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta Selatan: Referensi (GP Press Group).

Laili, H. (2016). Keefektifan Pembelajaran dengan Pendekatan CTL dan PBL Ditinjau dari Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 2534.

Mujiati. (2011). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bilangan Bulat Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning(CTL) di kelas VII SMP Arriyadh Martapura Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Banjarmasin : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia (STKIP-PGRI) Banjarmasin.

Musriliani, Cut; Marwan; & Anshari, B. . (2015). Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Gender. Jurnal Didaktik Matematika, 2(2), 4958.

Panjaitan, D. J. (2018). Peningkatan Pemahaman dan Aplikasi Konsep Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Jurnal MathEducation Nusantara, 1(1), 5259.

Slameto. (2013). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Suherman, E. (2003). Pendidikan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika. Educare, 2(1), 5257.

Syahbana, A. (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Edumatica, 02(01), 4557.