Efektivitas model kooperatif CRH dan TGT dilihat dari karakter kerja keras dan hasil belajar

Aminah Ekawati
Muhammad Royani


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v5i2.1752

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas karakter kerja keras menggunakan model CRH dan TGT dan efektivitas hasil belajar menggunakan model CRH dan TGT. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang dilaskanakan di kelas VII SMPN 2 Sungai Tabuk Tahun Pelajaran 2017-2018 pada materi aljabar. Dua kelas yaitu kelas VIIB dan VIIC di pilih sebagai sampel penelitian Kelas VIIB dilaskanakan dengan model pembelajaran CRH dan Kelas VIIC dilaksanakan dengan model pembelajaran TGT. Teknik pengumpulan data berupa lembar observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah persentase, rerata, dan uji t dengan taraf signifikansi 5%. Namun sebelum dilakukan uji t terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil analisis data diperoleh kesimpulan: (1) terdapat perbedaan karakter kerja keras antara penerapan model kooperatif CRH dan TGT, (2) jika dilihat dari rerata karakter kerja keras pada penerapan model TGT lebih baik dari pada model kooperatif CRH, dan (3) tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara penerapan model kooperatif CRH dan TGT.

Keywords


Efektivitas; CRH; TGT

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Eliyah, S., Isnani, U., & Budi, W. (2018). Pengaruh Pembelajaram Kooperatif Tipe Course Review Horay terhadap Motivasi Belajar Siswa. JES-MAT, 4(2), 131140.

Heri, G. (2012). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Kurniasih, I. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Surabaya: Kata Pena.

Mustari, M. (2011). Nilai Karakter: Refleksi untuk Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Laksbang Pressindo.

Narwanti, S. (2011). Pendidikan Karakter: Pengintegrasian 18 Nilai Pembentuk Karakter dalam Mata Pelajaran. Yogyakarta: Familia.

Patmawati, D. (2013). Pembelajaran Segitiga dengan Pendekatan Kontekstual Berbasis Karakter di Kelas VII SMP Negeri 3 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA, 6(2).

Priatna, A., & Safitri, F. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Operasi Hitung Campuran Siswa Kelas IV SD dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT). Didaktik:Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 122.

Puspitasari, D. (2018). Studi Komparasi Strategi Pembelajaran Cartoon Card dengan Course Review Horay terhadap Motivasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1(1), 7277.

Sihotang, T., Zahara, R., & Silitonga, B. (2015). Pengaruh pembelajaram kooperatif tipe Course Review Horay terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 1(1).

Slavin. (2010). Cooperative Learning, Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nursamedia.

Suaeb, D., & Amirudin. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Tebak Gambar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1), 146154.

Vello, A., Rahman, F.Ab., Chairany, S. (2017). Students Mathematics Attitude Towards Cooperative Learning Teams-Games-Tournament. Advances in Sosial Science, Education and Humanities Research, 12(5), 259263.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.