Eksperimentasi model PBL dan PjBL berbasis schoology terhadap pemecahan masalah matematika ditinjau dari self-efficacy

Maylita Hasyim
Novia Frisda Eldiana


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v6i2.1751

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara model PBL dan PJBL berbasis e-learning berbantuan schoology, (2) kemampuan pemecahan masalah matematika antara tingkat self-efficacy tinggi, sedang, dan rendah, dan (3) interaksi antara model PBL dan PJBL berbasis e-learning berbantuan schoology dengan self-efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas X MIPA SMAN 1 Pakel dan sampel yang digunakan adalah kelas X MIPA 4 dan 5 yang berjumlah 53 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat. Uji hipotesis yang digunakan adalah analisis variansi dua jalur dan dilanjutkan dengan uji komparasi untuk mengetahui perbandingan antara klasifikasi self-efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Tidak terdapat perbedaan antara model PBL dan PJBL berbasis e-learning berbantuan schoology terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dimana Fhtung lebih kecil dari Ftabel (0,290 < 5,361); (2) Terdapat perbedaan antara klasifikasi self-efficacy siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dimana Fhtung lebih besar dari Ftabel (41,693 < 3,994); dan (3) Tidak terdapat interaksi antara model PBL dan PJBL berbasis e-learning berbantuan schoology ditinjau dari self-efficacy siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dimana Fhtung lebih kecil dari Ftabel (0,216 < 3,994).

Keywords


kemampuan pemecahan masalah matematika; problem based learning; project based learning; schoology; self efficacy

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Adinugraha, F. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Efikasi Diri Terhadap Sikap. (April).

Amanda, N. W. Y., Subagia, I. W., & Tika, I. N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Self Efficacy Siswa. 4.

Aminoto, T., & Pathoni, H. (2014). Penerapan Media E-Learning Berbasis Schoology Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi Di Kelas XI SMA N 10 Kota Jambi. Jurnal Sainmatika, 8(1), 13 29.

Artiah, & Untarti, R. (2017). Pengaruh Model Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Purwokerto. 3(1).

Ayu, R., Nurrahmawati, & Deswita, H. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas Vii Smpn 3 Rambah Samo.

Efendi, A. (2017). E-learning berbasis schoology dan edmodo: ditinjau dari motivasi dan hasil belajar siswa SMK. (17).

Fajariah, E. S., Dwidayati, N. K., & Cahyono, E. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Self-Efficacy Siswa dalam Implementasi Model Pembelajaran Arias Berpendekatan Saintifik. 6(2), 259265.

Fitra, R., Hajidin, & Anshari, B. I. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMK melalui Model Problem-Based Instruction (PBI). Jurnal Didaktik Matematika, 3(2), 3541.

Jainuri, M., & Riyadi, S. (2010). Eksperimentasi Model Sinektik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self Efficacy Siswa. Edumatica, 07, 408. Retrieved from http://www.twirpx.com/file/1146261

Karina, N. K. D., Sadia, I. W., & Suastra, I. W. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kecerdasan Emosional Siswa SMP. 4(2).

Kurniawati, D. (2016). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri Se-Kecamatan Srandakan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 197208.

Kurniwati, A. D. (2014). Pengaruh Kecemasan Dan Self Efficacy Siswa Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Segiempat Siswa Kelas VII MTs Negeri Ponorogo. 3(2), 3641.

Kusumantara, K. S., Santyadiputra, G. S., & Sugihartini, N. (2017). Pengaruh E- Learning Schoology Terhadap Hasil Belajar. 14(2), 126135.

Maskur, M. (2016). Model PBL dengan Scaffolding Berbantuan Schoology u ntuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Karakter Mandiri. 432 443.

Mirawati. (2017). Matematika Kreatif: Pembelajaran Matematika Bagi Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Yang Menyenangkan Dan Bermakna. 3.

Nadhifah, G., & Afriansyah, E. A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry. 5(3), 3344.

Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. 6(2), 149160.

Prasetyanti, N. M., Sari, D. N., & S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Proses Berpikir Kognitif Siswa Kelas XI MIPA-1 SMA Negeri 3 Surakarta. 5(2).

Putra, H. D., Thahiram, N. F., Ganiati, M., & Nuryana, D. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang. 6(2), 8290.

Qomariyah, O. N. (2015). Metode Project Based Learning ( PJBL ) Pada Materi Trigonometri. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, (November), 407415.

Rerung, N., Sinon, I. L. S., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. 06(April), 4755. Retrieved from https://doi.org/10.24042/jipf

Setiawan, D. (2014). Keefektifan PBL Berbasis Nilai Karakter Berbantuan CD Materi Segiempat Kelas VII Info Artikel Abstrak Abstract. Unnes Journal of Mathematics Education, 3(1).

Subaidi, A. (2016). Self-efficacy siswa dalam pemecahan masalah matematika.

Suparman, Hardjo, S., & Astutik, K. (2016). Konstruktivisme Dengan Model Kooperatif Tipe Time Assisted Individualization ( TAI ) Pada Hasil. (c).

Ulvah, S., & Afriansyah, E. A. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa ditinjau melalui Model Pembelajaran SAVI dan Konvensional. 2(2), 142 153.


slot gacor slot