Profil berpikir kreatif dalam penyelesaian masalah matematika melalui model eliciting activity ditinjau gaya kognitif

Reni Miftaqurohmah
Diesty Hayuhantika


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/jp2m.v6i1.1738

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan profil berpikir kreatif siswa kelas XI yang memiliki gaya kognitif sistematis dan intuitif dalam penyelesaian masalah matematika melalui Model Eliciting Activity (MEA). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari 2 kelompok yaitu 2 siswa dari kelompok sistematis dan 2 siswa dari kelompok intuitif yang dipilih berdasarkan tes CSI. Teknik pengumpulan data meliputi : tes CSI, MEA Task, rekaman audio-visual dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil berpikir kreatif siswa melalui MEA dengan gaya kognitif sistematis yaitu siswa berhenti sejenak untuk mengendapkan pikirannya dan membutuhkan waktu lama untuk memunculkan idenya (inkubasi); siswa mendapatkan ide dari solusi masalah dan menyelesaikan soal secara step by step (iluminasi); pada tahap iluminasi siswa melalui 4 langkah yaitu simplifying siswa menuliskan yang terdapat pada soal dengan kalimat sederhana; abstracting siswa menuliskan permisalan, kalimat matematika, dan rumus yang sesuai dengan permasalahan; computing siswa melakukan proses penghitungan dan jawabannya benar; interpretation siswa membandingkan solusi dengan konteks masalah dan menuliskan kesimpulan dari penyelesaian yang dilakukan. (2) Profil berpikir kreatif siswa melalui MEA dengan gaya kognitif intuitif yaitu siswa mengidentifikasi masalah dengan menuliskan unsur yang diketahui dan ditanyakan (persiapan); siswa berhenti sejenak untuk mengendapkan pikirannya pada tahap iluminasi sehingga dapat memunculkan ide penyelesaian soal (inkubasi); siswa menemukan ide untuk menyelesaikan masalah yang diberikan, menyelesaikan masalah secara sepontan dan menggunakan jalan trial and error, dan menggunakan langkah penyelesaian dengan benar tetapi kurang tepat (iluminasi);


Keywords


Berpikir Kreatif; Pemecahan Masalah; Model Eliciting Activity; Gaya Kognitif Sistematis dan Intuitif

Full Text:

PDF

References


Argarini, D. F., Budiyono, B., & Sujadi, I. (2014). Karakteristik berpikir kreatif siswa kelas VII SMP N 1 Kragan dalam memecahkan dan mengajukan masalah matematika materi perbandingan ditinjau dari gaya kognitif. Journal on Mathematics and Mathematics Education. 4(2), 1–12.

Aziz, A., Kusmayadi, T. A., & Sujadi, I. (2014). Proses Berpikir Kreatif Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Dimensi Myer-Briggs Siswa Kelas VIII MTs NW Suralaga Lombok Timur Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(10), 1079–1093.

Chamberlin, S. A., & Moon, S. M. (2005). Model-Eliciting Activities as a Tool to Develop and Identify Creatively Gifted Mathematicians. The Journal of Secondary Gifted Education, XVII(1), 37–47.

Desmita. (2010). Psikologi Perkembangan Preserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Eraslan, A. (2012). Prospective Elementary Mathematics Teachers’ Thought Processes on a Model Eliciting Activity. Educational Sciences: Theory and Practice, 12(4), 2964–2968.

Ervynck, G. (1991). Mathematical Creativity. In D. Tall (Ed.) (Ed.), Advance Mathematical Thinking (pp. 42–53). Dordrecht, Netherlands: Kluwer.

Firdausi, Y. N., Asikin, M., & Wuryanto. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar pada Pembelajaran Model Eliciting Activities ( MEA ). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 239–247.

Gilat, T., & Amit, M. (2014). Exploring Young Students Creativity : The Effect Of Model Eliciting Activities. PNA, 8(2), 51–59.

Kozlowski, joseph S., Chamberlin, S. A., & Mann, E. (2019). Factors that Influence Mathematical Creativity. The Mathematics Enthusiast, 16(1).

Liljedahl, P., Santos-trigo, M., Malaspina, U., & Brudel, R. (2016). Problem Solving in Mathematics Education. Hamburg: Springer.

Martin, L. P. (1998). The Cognitive-Style Inventory. The Pfeiffer Library, 8(2), 1–18.

MCKenney, J. L., & Keen, P. G. W. (1974). The Implications of Cognitive Style for The Implementation of Analytic Models. Cambridge: Library of the Massachusetts Institute of Technology.

Nasution, S. (2010). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sadler-smith, E. (2015). Wallas ’ four -stage model of the creative process : More than meets the eye ? Creativity Research Journal, 27(4), 1–32.

Safaria, S. A., & Sangila, M. S. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Negeri 9 Kendari Pada Materi Bangun Datar. Jurnal Al-Ta’dib, 11(2), 73–90.

Sagiv, L., Amit, A., Ein-gar, D., & Arieli, S. (2014). Not All Great Minds Think Alike : Systematic and Intuitive Cognitive Style Cognitive Styles. Journal of Personality, 8(5), 402–417. https://doi.org/10.1111/jopy.12071

Setiayani. (2013). Mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pembelajaran topik bangun ruang sisi datar. In Prosiding Seminar Nasional Matematika VII UNNES (pp. 1–11).

Sriraman, B. (2004). The Characteristics of Mathematical Creativity, 14(1), 19–34.

Wessels, H. (2014). Levels of mathematical creativity in model-eliciting activities. Journal of Mathematical Modelling and Application, 1(9), 22–40.


Article Metrics :

Abstract view : 71 times
PDF View : 60 times