Pengaruh self-esteem, self-regulation, dan self-confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika

Lenny Nuurotun Mashlihah
Maylita Hasyim


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v5i2.1736

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh self-esteem, self-regulation, dan self-confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi operasi bentuk aljabar pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tugu tahun pelajaran 2017/2018.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian asosiatif kausal. Penelitian ini mengg)unakan rancangan penelitian non eksperimen dengan metode survey dan tes. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tugu yang berjumlah 220 siswa, sedangkan sampelnya adalah 96 siswa yang terbagi dalam 3 kelas dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan antara self-esteem, self-regulation, dan self-confidencesecara simultan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi operasi bentuk aljabar pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tugu tahun pelajaran 2017/2018. Model regresi berganda yang terbentuk adalah Y = -156,77 + 1,134 X1 + 0,486 X2 + 0.527X3, menunjukkan bahwa self-esteem, self-regulation, dan self-confidencememberikan pengaruh yang positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika.

Keywords


Matematika; Self-Esteem; Self-Confidence; Self-Regulation; Pemecahan Masalah

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Ameliah, I. H., Munawaroh, M., & Muchyidin, A. (2016). Pengaruh Keingintahuan dan Rasa Percaya Diri Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VII MTs Negeri 1 Kota Cirebon. Eduma, 5(1), 921.

Basuki, K. H. (2015). Pengaruh Kecerdasan Spiritual Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 5(2), 120133.

Desmita. (2010). Psikologi Perkembangan Peserta Didik (2nd ed.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Djauhari, D. (2013). Hubungan Antara Self-Esteem dan Adversity Quotient Dengan Kemandirian Belajar Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Persona, 2(1), 405426.

Hartinah, S. (2011). Pengembangan Peserta Didik (3rd ed.; A. Gunarsa, ed.). Bandung: PT Refika Aditama.

Ilhamsyah. (2014). Pengaruh Efikasi Diri, Metakognisi Dan Regulasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X Sma Negeri Di Kabupaten Wajo. 1(1), 1020.

Jamaris, M. (2015). Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya Bagi Anak Usia Dini dan Usia Sekolah (2nd ed.; R. Sikumbang, ed.). Bogor: Ghalia Indonesia.

Julia, Y. (2017). Pengaruh Self Esteem Terhadap Aktivitas Belajar Kelas XI Ips Di SMA Santo Fransiskus Asisi Pontianak.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika (2nd ed.; Anna, ed.). Bandung: PT Refika Aditama.

Nur, F., & Latief, A. K. (2016). Pengaruh Self Esteem dan Self Regulation Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Biotek, 4(36), 244261.

Putri, W. E., & Zuzano, F. (2013). Pengaruh Kepercayaan Diri Siswa Dalam Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Tilatang Kamang. 18.

Rozali, Y. A. (2014). Hubungan Self Regulation Dengan Self Determination (Studi Pada Mahasiswa Aktif Semester Genap 2013/2014, IPK ? 2.75, Fakultas Psikologi, Universitas X, Jakarta). 12(2).

Ruliyanti, B. D., & Laksmiati, H. (2013). Hubungan Antara Self-Efficacy dan Self-Regulated Learning dengan Prestasi Akademik (Matematika Siswa SMAN 2 Bangkalan.

Yarmayani, A. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI Mipa Sma Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah DIKDAYA, Vol 6(2), 1219.