Pengembangan buku panduan guru berbasis penemuan terbimbing pada materi statistika siswa SMP

Ahmad Nasir, Zuhrotun Nazihah

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk  pengembangan buku panduan guru berbasis penemuan terbimbing pada materi statistika untuk siswa kelas VII SMPN 1 Grati, yang memenuhi kriteria valid, efektif dan praktis. Proses pengembangan menggunakan model pengembangan 4-D, dengan modivikasi 3-D, yaitu tahap define (pendefinisian), design (perancangan), dan development (pengembangan) tanpa tahapan dessiminate (penyebaran). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VII-D dan kelas VII-G SMPN 1 Grati. Instrumen yang digunakan yaitu: lembar validasi buku panduan guru dan RPP untuk mengukur kevalidan produk, lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa untuk mengukur kepraktisan, dan soal tes pembelajaran untuk mengukur keefektifan. Hasil validitas dari buku panduan guru yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata sebesar 4,7. Hasil kepraktisan dari buku panduan guru ditunjukkan dengan nilai rata-rata aktivitas guru sebesar 4,9 dan nilai rata-rata aktivitas siswa 4,8. Sedangkan hasil keefektifan produk sebesar 93%. 


Keywords


pengembangan buku; penemuan terbimbing; Statistika

Full Text:

PDF

References


Hobri. (2010). Metodologi Penelitian Pengembangan (Aplikasi Pada Penelitian Pendidikan Matematika). Pena Salsabila.

Hosnan, M. (2016). Pendekatan Saintifik dan Konstektual dalam Pembelajaran Abad 21. Ghalia Indonesia.

Indo, T. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Di SMA. Universitas Jember.

Kemendikbud. (2013). Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam. Kemendikbud.

Kemendikbud. (2016). Pembinaan Dan Pengembangan Profesi Guru Buku 4. Kemendikbud.

LKPP-UNHAS. (2015). Format Bahan Ajar, Buku Ajar, Modul, dan Panduan Praktik. In LKPP-UNHAS.

Nafisah. (2017). Pengembangan LKS Berbasis Model Pembelajaran Kreatif dan Produktif Pada Pokok Bahasan Statistika Kelas VII Di SMPN 8 Kota Pasuruan. STKIP PGRI Pasuruan.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Pers.

Putra, N. (2013). Research & Development Penelitian dan Pengembangan. Rajawali Pers.

Putro, E. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Pelajar.

Republik Indonesia. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Ri No 21 Tahun 2016. KEMENDIKBUD.

Riduwan. (2013). Dasar-Dasar Statistika. Alfabeta.

Sudijono, A. (2014). Pengantar Statistik Pendidikan. Rajawali Pers.

Suhana, C. (2014). Konsep Strategi Pembelajaran. PT Refika Aditama.

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori dan Praktek (P. P. Publisher (ed.)).

Yulia, E. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Self Efficacy Siswa. Bandar Lampung.




DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v5i1.1733

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ahmad Nasir, Zuhrotun Nazihah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika)
ISSN: 2580-3263 (Online) | 2460-7800 (print)
Published by
Prodi Pendidikan Matematika
Universitas Bhinneka PGRI 

in collaboration with
the Indonesian Mathematical Society (IndoMS)

Website : https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jp2m/index
Email : jp2m@stkippgritulungagung.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.